7 Manfaat dan Khasiat Temulawak Sebagai Obat Tradisional

Tanaman temulawak banyak dijumpai di Indonesia karena merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Dalam dunia pengobatan temulawak bukanlah tanaman asing lagi karena sering digunakan sebagai bahan obat herbal juga jamu tradisional. Temulawak atau yang disebut juga CurcumaXanthorhiza memiliki bentuk serta warna yang hampir sama dengan kunyit.
 
7 MANFAAT DAN KHASIAT TEMULAWAK SEBAGAI OBAT TRADISIONAL
temulawak
Pada rimpang temulawak terdapat kandungan karbohidrat, minyak atsiri, dan kurkumin yang berkhasiat dapat meningkatkan kerja ginjal dan sebagai anti-inflamasi. Kandungan kurkuminoid yang terdapat dalam temulawak terdiri dari kurkumin dan desmetoksikurmin. Kandungan tersebut memiliki khasiat dapat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, meningkatkan sekresi empedu, mencegah pelemakan dalam sel – sel hati, sebagai antibakteri serta antioksidan. Minyak atsiri sendiri memiliki khasiat dapat meningkatkan produksi getah empedu dan menekan jaringan pembengkakan.

Kandungan lain yang terdapat pada rimpang temulawak adalah lemak, protein, serat kasar, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol, kurkuminoid, mineral seperti kalium, magnesium, natrium, mangan serta zat besi.
                

Berikut ini beberapa khasiat temulawak dalam melawan penyakit :

·      Mengatasi kanker
Kandungan curcumin yang terdapat dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat serta kanker lainnya dengan cara menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan sel kanker.

·      Menambah nafsu makan
Temulawak mengandung minyak atsiri yang mempunyai efek karminativum yang berkhasiat meningkatkan nafsu makan.

·      Mengobati maag
Rimpang temulawak mengandung serbuk yang berkhasiat memperbaiki serta menetralkan produksi asam lambung sehingga sangat baik untuk mengatasi sakit maag.

·      Menjaga kesehatan hati
Rimpang temulawak juga memiliki efek hepatoprotektor atau sebagai anti racun (detoksin) pada organ hati manusia. Selain itu temulawak juga mengandung kalagoga yang berkhasiat mengatur produksi cairan empedu dan merangsang pengosongan kandung empedu.

·      Sebagai antioksidan
Temulawak diyakini dapat memelihara kesehatan tubuh dan juga mampu mengatasi radikal bebas.

·      Mengatasi kolesterol
Kandungan kurkuminoid dalam temulawak dapat menurunkan lemak darah, trigliserida, kadar kolesterol total serta dapat menigkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

·      Mencegah penggumpalan darah

Kandungan kurkuminoid yang terdapat dalam temulawak juga dapat menghambat pembentukan tromboksan B2 yang merupakan senyawa penyebab terjadinya penggumpalan darah.

1 Response to "7 Manfaat dan Khasiat Temulawak Sebagai Obat Tradisional"

  1. ternyata pengobatan maag bisa dengan temulawak juga ya

    ReplyDelete