KHASIAT SI PAHIT UNTUK KESEHATAN

Khasiat si Pahit untuk kesehatan
Pare
Pare merupakan salah satu sayuran yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Pare terkenal dengan rasa pahitnya sehingga tidak banyak disukai orang untuk dikonsumsi. Namun bagi sebagian kalangan rasa pahit dari pare justru membuatnya  menjadi sangat di gemari. Terlebih dibalik rasanya yang pahit ternyata pare juga memiliki banyak kandungan yang bemanfaat untuk kesehatan.

Pare memiliki nama latin Momordica Charantina. Rasa pahit dari pare disebabkan oleh kandungan senyawa Cucurbitacins. Kandungan lain yang terdapat dalam pare adalah protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C dan K, likopen, fitokimia, kalori, serat, mineral, serta antioksidan. Kandungan – kandungan tersebut dipercaya dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mengobati sembelit, menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, menurunkan kadar gula darah juga meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Pare juga mengandung campuran saponin steroid yaitu charantin, alkaloid dan peptida seperti insulin yang diyakini efektiv untuk mengobati penyakit diabetes mellitus. Akan tetapi pare tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita hipoglikemia (kekurangan glukosa) karena dapat mempengaruhi tingkat glukosa. Pare juga mengandung zat kina yang dapat merangsang penyusutan rahim sehingga tidak baik dikonsumsi ibu hamil karena dapat mengakibatkan keguguran pada janin.

Berikut ini beberapa manfaat pare untuk kesehatan :

·      Melancarkan pencernaan
Pare mengandung asam trichosanat dan momordicin yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan dalam lambung.

·      Mengontrol kadar gula dalam darah
Di dalam pare terdapat campuran saponin steroid yaitu charantin, alkaloid dan peptida seperti insulin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga sangat efektiv untuk pengobatan diabetes mellitus.

·      Mengobati asma
Rasa pahit dari pare dapat merangsang indera pengecap yang berada pada saluran pernapasan. Hal tersebut membuat saluran pernapasan menjadi lebih lebar dan aliran udara menjadi lebih lancar sehingga sangat baik untuk mengatasi asma.

·      Menjaga kesehatan perut
Pare juga mengandung senyawa anti-parasit yang dapat membantu mengobati parasit infeksi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan perut dan lambung.

·      Melancarkan peredaran darah
Di dalam pare terdapat kandungan senyawa a-eleostearic acid dan dihydroxy-a-eleostearic acid yang dapat membantu produksi sel darah merah sehat serta menyeimbangkan jumlah sel darah putih. Mengkonsumsi pare sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

·      Mengobati sembelit
Pare mengandung cukup serat yang baik untuk melancarkan proses pencernaan dan membantu menyembuhkan sembelit.

·      Mengatasi tekanan darah tinggi
Pare juga mengandung asam amino citrulline yang dapat membantu meningkatkan nitrat oksida dan vitamin C serta dengan cepat membuang oksigen aktif dalam darah.

·      Melancarkan ASI
Pare sudah lama diyakini dapat meningkatkan produksi ASI serta membuat ASI menjadi lebih kental.

·      Mengeluarkan racun dan meningkatkan system kekebalan tubuh
Pare diyakini mampu mengikis lemak dan mengeluarkan racun sehingga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.

·      Mencegah kanker pancreas
Sel kanker membutuhkan energy dalam perkembangannya. Ekstrak pare dapat membantu pancreas memblokir proses glukosa menjadi energy sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

0 Response to "KHASIAT SI PAHIT UNTUK KESEHATAN"

Post a Comment