Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat, salah satunya membesarkan “si Otong”

Tanaman jarak mempunyai nama latin Jatropha Curcas L. Tanaman tersebut dimanfaatkan sebagai obat tradisional sudah sejak lama. Hampir semua bagian dari pohon jarak dapat dimanfaatkan sebagai obat, mulai dari akar, getah, daun hingga biji buah jarak. Bahkan beberapa waktu yang lalu kita telah dihebohkan dengan sebuah penemuan yang menyatakan bahwa biji buah jarah dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Tanaman jarak telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Bagian tanaman jarak yang sering digunakan adalah daun, biji juga getahnya. Getah daun jarak diyakini bisa mengatasi iritasi pada mata, mengobati perut kembung pada bayi, mengatasi peradangan, mengobati sariawan bisa juga untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri pada sakit gigi. Daun jarak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satu manfaat daun jarak yang terkenal adalah dapat memperbesar alat kelamin pria.

Tanaman jarak mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Pada daun jarak terdapat senyawa stigmasterol, amiri, kaemfesterol, silosterol dan teraksol. Menurut penelitian biji jarak mengandung B-glukanase yang berfungsi sebagai toksalbumin, antifungi, dan curcin yang bermanfaat sebagai antikanker. Ampas biji jarak mengandung kalium, fosfat, dan nitrogen. Pada kulit batang pohon jarak terdapat kandungan tannin, saponin dan resin. Sedangkan getah pohon jarak mengandung flavonoid dan saponin serta terdapat kandungan anti jamur.

Di antara beberapa khasiat pohon jarak untuk kesehatan adalah :
·                Mengobati Keputihan Pada Lidah Bayi
Keputihan yang biasanya menempel pada langit – langit lidah sering terjadi pada bayi yang sedang menyusui. Namun hal tersebut menyebabkan bayi enggan untuk menyusu pada sang ibu dan membuat berat badannya cenderung turun. Getah daun jarak dipercaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati keputihan pada lidah bayi tersebut.

·                Mengobati Radang Telinga
Radang telinga bisa terjadi karena penyakit influenza yang datang secara mendadak, dengan ditandai oleh suhu tubuh yang naik serta telinga bagian dalam terasa sakit dan berdengung. Cara mengatasinya adalah ambil getah jarak lalu teteskan pada telinga yang terasa sakit sebanyak 6 tetes, lakukan beberapa kali sampai sembuh.

·                Mengobati Gigi Berlubang
Getah jarak di percaya dapat mengusir bakteri jenis staphylococcus, escherechia coli dan streptococcus karna bersifat antimikroba yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Caranya ambil getah jarak dengan menggunakan kapas, kemudian tempelkan kapas tersebut pada gigi yang berlubang.

·                Obat sariawan
Selain bisa menyembuhkan gigi yang berlubang, getah jarak juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan dengan cara seperti mengobati gigi berlubang, yaitu dengan mengoleskan langsung getah jarak pada bibir atau bagian mulut yang sedang sariawan.

·                Mengatasi Perut Kembung dan Masuk Angin Pada Bayi
Daun jarak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati perut kembung dan masuk angin pada bayi. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa, minyak telon juga minyak kayu putih pada beberapa lembar daun jarak yang sudah disiangi diatas nyala api terlebih dulu. Kemudian ditempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang bayi.

·                Mengobati Sembelit atau Susah BAB
Daun jarak juga dipercaya bisa mengatasi sembelit karena berfungsi sebagai obat pencahar ringan. Kukus daun jarak hingga layu kemudian dimakan sampai penyakit sembelit yang diderita berkurang dan hilang.

·                Mengobati Koreng, Jamur dan Gatal
Selain daunnya yang banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional minyak dari biji jarak juga dipercaya bisa mengobati penyakit koreng, jamur dan gatal. Cukup dengan memanaskan minyak biji jarak lalu celup dengan kapas kemudian oleskan pada bagian kulit yang sakit. Akan tetapi minyak biji jarak tersebut tidak boleh sampai tertelan karena didalamnya terdapat kandungan racun yang berbahaya bagi manusia.

·                Mengobati Luka dan Pendarahan
Getah pohon jarak bersifat Anti-mikroba yang bisa mengusir infeksi bakteri staphylococcus, streptococcus dan eschericia coli. Sifat Anti-mikroba tersebut yang membuat getah pohon jarak berfungsi seperti betadhine yang bisa menghentikan pendarahan pada luka.

·                Obat Rematik
Untuk mengobati penyakit rematik bisa menggunakan daun jarak untuk kompres atau dengan menumbuk halus daun jarak yang sudah tua dicampur dengan air lalu lumurkan pada bagian tubuh yang terkena exim atau  terserang rematik.

·                 Mengobati Batuk dan Mengencerkan Dahak
Air rebusan dari akar pohon jarak diyakini mampu mengobati batuk dan mengencerkan dahak. Minum air rebusan akar pohon jarak tersebut pagi dan sore sampai batuk dan dahak mereda.

·                Memperbesar Alat Vital
Dari beberapa manfaat tanaman jarak yang telah disebutkan terdapat satu manfaat yang paling dicari oleh para pria yaitu dapat digunakan untuk memperbesar alat vital pria (penis). Caranya tumbuk dan haluskan daun jarak dan gagangnya bersama dengan daun jeruk purut. Tambahkan 50 ml air dan air perasan jeruk purut, kemudian peras campuran tersebut menggunakan kain bersih. Sebelum mengoleskan air perasan tersebut pada penis terlebih dulu lakukan pemanasan penis selama 2 – 3 menit. Setelah melakukan pemanasan oleskan air perasan tersebut pada penis lalu diamkan selama 5 – 10 menit, setelah selesai bilas dengan air bersih.

Dalam perkembangannya telah ditemukan jenis jarak lain yang jarang ditemui yaitu pohon jarak merah yang mempunyai nama latin Jatropha Gossypifolia L. Jarak merah digunakan sebagai tanaman etnobotani yang juga dapat menjadi sumber obat – obatan tradisional. Biji jarak merah dapat digunakan sebagai obat pencahar.

Di Trinidad pohon jarak merah dimanfaatkan oleh para pemburu secara etnoveterinari sebagai penyembuh patukan ular, sengatan kalajengking, juga untuk mengobati kudis dan luka pada anjing para pemburu. Di Negara Ghana air rebusan daun jarak merah digunakan untuk mandi. Khasiat lain dari daun jarak merah adalah dapat menghentikan pendarahan gusi, mengobati sakit gigi, mengobati sembelit serta menghilangkan rasa nyeri. Akan tetapi dari beberapa literatur melarang penggunaan biji jarak merah untuk pengobatan herbal karena mengandung toksiksitas yang cukup tinggi.

4 Responses to "Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat, salah satunya membesarkan “si Otong”"

  1. from beginning to end deserves to be read by loyal readers, thank you for all the information on this site is like a rain of countless information
    Obat Gatal Selangkangan
    Obat Paru Paru Basah
    Obat Penyakit Radang Sendi
    Efek Samping OAT
    Obat maag buat ibu hamil
    Jelly Gamat Cair

    ReplyDelete
  2. kami merupakan agen obat herbal terbesar, jika anda bertanya bagaimana Cara Menyembuhkan Wasir Berdarah Tanpa Operasi
    Obat Tradisional Uci Uci Di Payudara
    tanpa operasi? atau bagaimana Cara Menyembuhkan Bisul Yang Sudah Pecah Secara Alami secara herbal alami tanpa efek samping?
    atau anda ingin mengetahui Obat Herbal Sakit Maag Paling Bagus yang aman dan cepat sembuh?
    kami lah solusinya, kami mengatasi semua keluhan sakit anda termasuk Cara Menghilangkan Gatal Di Selangkangan Dengan Cepat

    ReplyDelete
  3. informasinya tentang seputar herbal ini sangat bagus sekali. kalau bersedia agan juga bisa mampir ke olshop toko produk nasa kami di cirebon

    distributor nasa cirebon
    distributor crystal x cirebon

    ReplyDelete