7 Manfaat dan Khasiat Tanaman Serai untuk Kesehatan

Tanaman serai atau yang biasa dikenal dengan nama sereh merupakan tanaman yang sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tanaman tersebut memiliki aroma yang khas sehingga biasa digunakan untuk bahan penyedap dalam masakan. Akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa selain digunakan untuk penyedap masakan serai atau sereh juga berkhasiat sebagai obat herbal untuk kesehatan.


7 Manfaat dan Khasiat Tanaman Serai untuk Kesehatan
7 Manfaat dan Khasiat Tanaman Serai untuk Kesehatan
Tanaman serai memiliki nama latin Andropogon nardus dan termasuk jenis family Poaceae atau suku rumput - rumputan. Tanaman tersebut dapat tumbuh subur di cuaca hangat dan dapat mencapai ketinggian 2 – 4 meter . Batang serai berwarna putih keunguan atau kemerahan sedangkan daunnya berwarna hijau, tirus dan melampai.

Kandungan dan Manfaat  Serai

Serai atau sereh mengandung banyak  zat anti bakteri, zat anti-mikroba, dan minyak atsiri. Minyak atsiri didapat dari penyulingan tanaman serai dan mengandung senyawa seperti sitrat,sabinen, sitronelol, a-pinen, p-simen, cis-osimen, terpinol, sitronelal,  felandren beta, metilheptenon, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon,, farnesol bornilasetat, limonen, geranilformat, sitronil asetat, terpinil astet, beta-elemen, geranil asetat, beta-kariofilen, beta-bergamoten, kamfen, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, mirsen,elemol, dan kariofilen oksida. kandungan lain yang terdapat pada serai antara lain eugenol, geranial, geranil butirat, lomonen dan metileugenol.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat serai untuk kesehatan:
·           Mencegah kanker
Serai mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah kanker. Beberapa senyawa lain yang terdapat dalam tanaman tersebut dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

·           Menyehatkan pencernaan
Minuman teh yang mengandung serai diyakinin mampu untuk mengatasi penyakit pada pencernaan, sakit perut, masuk angin, kran usus dan diare. Di dalam serai juga terdapat senyawa yang mampu membantu mengurangi gas dari dalam usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

·           menjaga fungsi sistem saraf
Minyak atsiri yang dihasilkan dari penyulingan serai dapat digunakan untuk menjaga fungsi sistem saraf. Karena dapat memberi efek menghangatkan, meredakan kejang dan melemaskan otot yang tegang.

·           Detoksifikasi
Serai sangat baik untuk detoksifikasi dengan cara meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk seluruh organ pencernaan seperti ginjal, usus, pancreas, hati, kandung kemih.

·           Obat infeksi
Serai juga mengandung zat anti-mikroba dan anti bakteri yang mampu mengobati infeksi pada lambung, usus , saluran kandung kemih dan luka. Tidak hanya infeksi pada organ dalam saja yang dapat disembuhkan, serai juga mampu untuk mengobati infeksi kulit, typus, keracunan makanan serta menghilangkan bau badan.

·           Sebagai analgesic
Di dalam tanaman serai terdapat kandungan yang bermanfaat untuk meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri haid, nyeri otot, sakit gigi, serta meredakan timbulnya rasa mual.

·           Sebagai obat nyamuk
Di dalam serai juga terdapat kandungan sitronela yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Olesakan minyak atsiri ke tubuh

Demikian Manfaat dan khasiat serai untuk kesehatan.

1 Response to "7 Manfaat dan Khasiat Tanaman Serai untuk Kesehatan"