6 Manfaat dan Khasiat Kemiri untuk kesehatan

6 Manfaat dan khasiat kemiri untuk kesehatan
6 Manfaat dan khasiat kemiri untuk kesehatan
Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis rempah – rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan, salah satunya adalah kemiri. Kemiri merupakan buah dari tanaman yang memiliki nama latin Aleurites Moluccana.

Tanaman kemiri dapat tumbuh di daerah tropis seperti Negara – Negara di Asia Tenggara. Pohon kemiri tinggi besar dengan ketinggian mencapai 10 sampai 40 meter. Bagian bawah daun berwarna putih dan kulitnya juga agak keputihan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya kemiri masih satu kerabat dengan singkong karena sama – sama termasuk dalam suku Euphorbiceae.

Kemiri sudah sangat terkenal dengan manfaatnya yang dapat mengatasi berbagai masalah rambut dan kecantikan. Namun bukan hanya itu saja, kemiri ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat herbal alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan yang terdapat di dalam kemiri adalah asam minyak, asam linoleat, saponin, falvonoida, gliserida, polifenol, protein, lemak, palmitat, stearat, miristat, dan karbohidrat.

Ø Di dalam kemiri terdapat kandungan protein yang berupa asam amino esensial dan non esensial yang berfungsi untuk pertumbuhan serta membentuk protein juga antibodi..

Ø Sekitar 53% dari kemiri adalah lemak tak jenuh yang tidak hanya dapat menurunkan kolesterol jahat tetapi juga dapat mencegah penggumpalan darah penyebab serangan jantung dan stroke.

Ø Didalam kemiri terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, folat dan fitosterol yang dapat merusak enzim pembentuk kolesterol di dalam hati sehingga dapat mengahambat pembentukan kolesterol.

Ø Di dalam kemiri juga terdapat kandungan zat besi sehingga dapat mencegah dan mengatasi anemia.

Ø Kemiri juga mengandung melatonin yang dapat membuat tubuh menjadi rileks dan sepat tertidur sehingga dapat mengatasi penyakit insomnia.

Ø Selain itu kandungan minyak lemak, saponin, flavonoida, polifenol dan tanin yang ada dalam kemiri dapat membantu mengobati penyakit tumor.

Ø Menurut penelitian kandungan tanin yang terdapat dalam korteks tanaman kemiri juga dapat membantu mengatasi penyakit kanker.

Berikut ini beberapa khasiat lain kemiri untuk kesehatan beserta cara pemanfaatannya :
1.    Mengobati BAB berdarah
Rebus 10 gr kulit batang kemiri dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, setelah itu saring lalu  minum selagi hangat.

2.    Mengobati diare dan disentri
Rebus 10 gr kulit batang kemiri dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, setelah itu saring lalu  minum selagi hangat.

3.    Menurunkan Demam
Rebus minyak kemiri dengan 15 gr akar pulutan, tunggu sampai mendidih lalu minum selagi hangat.

4.    Mengatasi Sembelit
Rebus 1 buah kemiri, 30 gr daun urang aring, 2 siung bawang merah, 5 gr pulosari, 10 gr kayu manis, 6 gr adas, dan setengah sendok teh garam. Rebus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc, setelah mendidih saring lalu minum 2 kali sehari.

5.    Mencegah dan mengobati sakit gigi
Oleskan beberapa tetes getah batang kemiri pada bagian gigi yang sakit.

6.    Mengobati sariawan dan bibir pecah – pecah
Campur getah kulit batang kemiri dengan sedikit santan kelapa lalu oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

0 Response to "6 Manfaat dan Khasiat Kemiri untuk kesehatan"

Post a Comment