Manfaat Daun Kentut : Beraroma Busuk Berkhasiat Hebat

Paederia Scandens atau yang lebih dikenal dengan nama daun kentut adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Rubiaceae. Tanaman tersebut merupakan tanaman liar di alam terbuka seperti semak belukar. Di sebut daun kentut karena memang memiliki aroma yang tidak sedap mirip seperti bau kentut manusia. Daun kentut berbentuk bulat telur hingga langset atau lonjong, pangkal daunnya berbentuk jantung, ujungnya meruncing dan rata di bagian tepinya. Sedangkan tangkainya panjang hingga mencapai 1 – 5 cm serta memiliki daun tunggal.
Manfaat Daun Kentut : Beraroma Busuk Berkhasiat Hebat
Manfaat Daun Kentut : Beraroma Busuk Berkhasiat Hebat 

Daun kentut memiliki nama yang berbeda – beda di setiap daerah di wilayah nusantara. Di Sunda daun kentut di kenal dengan nama Kahitutan. Di Jawa di sebut Kasembukan dan di Madura juga di sebut Kasembukan atau Bintaos. Di daerah Ternate di sebut Gumi Siki dan di Sumatera juga di sebut Sembukan mirip seperti di Jawa. Sedangkan di Cina daun kentut di sebut dengan Ji Shi Teng.

Daun kentut biasa dimanfaatkan sebagai sayur dan lalapan. Selain itu daun kentut juga berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Di antara khasiat daun kentut yang paling terkenal adalah bisa mengobati sariawan, cacar ular (Herpes Zooster), sakit lambung, mengatasi kurang gizi pada bayi akibat gangguan pencernaan, mengatasi perut kembung, serta mengatasi nyeri akibat tersumbatnya energy vital dan aliran darah.

Pada batang dan daun kentut mengandung Asperuloside, Deacetylasperuloside, Scandoside, Paederosid, Paederosidic acid, Gama – sitosterol, Arbutin acid dan minyak menguap. Daun kentut memiliki efek farmakologis yaitu rasa manis yang lama – lama terasa sedikit pahit. Selain memiliki efek farmakologis daun kentut juga memiliki efek analgetik atau penghilang rasa sakit yang bisa mengatasi nyeri pasca operasi, nyeri akibat organ kandungan, nyeri syaraf, rematik, patah tulang, keseleo, nyeri akibat kolik pada usus, ginjal dan empedu.

Daun kentut juga bersifat karminatif yang bisa meluruhkan kentut juga bersifat mucolytic yang bisa meluruhkan kencing dan dahak. Selain itu daun kentut berguna sebagai antitussif atau obat batuk juga bisa menghilangkan racun atau sebagai detoksifikasi dan di indikasikan dapat menambah nafsu makan.

Berikut ini cara memanfaatkan daun kentut sebagai obat herbal alami :

1.    Mengatasi Perut Mulas Karena Angin
Kukus 25 lembar daun kentut lalu dimakan sebagai lalapan. Bisa juga dengan memanggang daun kentut diatas api agar layu lalu di ikatkan pada perut.

2.    Mata Terasa Panas dan Bengkak
Rebus daun kentut yang sudah di cuci bersih sampai mendidih, dudukkan penderita di atas uapnya. Kemudian bungkus daunnya dengan sepotong kain lalu letakkan di atas mata yang samapi daun menjadi dingin.

3.    Sakit Lambung (Gastritis), Perut Kembung, Disentri
Tumbuk 15 – 60 gr daun kentut segar sampai menjadi bubur. Tambahkan garam 1 – 2 sendok teh dan 1 cangkir air matang. Aduk sampai rata kemudian disaring, sebaiknya diminum sebelum makan.

4.    Cacar Ular (Herpes Zooster)
Tumbuk daun kentut yang sudah dicuci bersih sampai menjadi bubur. Tambahkan air dan garam secukupnya lalu balurkan pada kulit yang terkena cacar ular.

5.    Sariawan
Untuk membuat ramuan tradisional obat sariawan bahan – bahannya adalah : 1/6 genggam daun kentut, ¼ genggam daun pegagan,  ¼ genggam daun saga, ¾ sendok teh adas, 1/5 genggam daun picisan, ¾ jari pulosari, ¼ genggam daun sembung, ¾ sendoh teh ketumbar, ½ jari rimpang kunyit, ½ jari rimpang lempuyang, ¾ jari kayu manis, 1/5 genggam daun iler, dan 3 jari gula enau. Bahan – bahan tersebut di cuci bersih terlebih dahulu lalu di potong – potong dan kemudian direbus dengan 4 ½ gelas air bersih sampai mendidih dan hanya tersisa kira – kira setengahnya. Setelah dingin disaring dan dibagi menjadi 3 kali minum. Ramuan tersebut harus dihabiskan dalam 1 hari.

6.    Ekzema, Kulit Gatal (Pruritus), Neurodermatitis
Cuci bersih batang dan daun kentut segar secukupnya, giling halus lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

7.    Radang Telinga
Cuci bersih setengah genggam daun kentut. Giling sampai halus lalu remas dengan air garam. Peras dan saring kemudian teteskan airnya pada bagian telinga yang sakit.

0 Response to "Manfaat Daun Kentut : Beraroma Busuk Berkhasiat Hebat "

Post a Comment