Manfaat Tanaman Tebu : Hidup Sehat Dengan Si Manis

Tebu memang bukan tanaman yang asing lagi bagi kita. Tanaman tersebut terkenal sebagai tanaman penghasil gula dan vetsin. Tebu atau sugar cane memiliki nama ilmiah Saccharum Officanarum. Tanaman tersebut merupakan keluarga gramine atau sejenis suku rumput – rumputan. Pohon tebu berbentuk batang memanjang ke atas dan terdapat ruas – ruas di batangnya. Sedangkan daunnya terdapat pada setiap ruasnya.
Manfaat Tanaman Tebu : Hidup Sehat Dengan Si Manis
Manfaat Tanaman Tebu : Hidup Sehat Dengan Si Manis

Tanaman tebu bisa tumbuh di daerah beriklim udara sedang sampai panas. Kondisi tanah yang mendukung pertumbuhan tebu secara optimal adalah tanah yang kering – kering basah. Di Indonesia tanaman tebu banyak di budidayakan di pulau Jawa dan Sumatera. Hal tersebut tidak lepas dari manfaat tebu sebagai penghasil gula dan vetsin. Negara penghasil gula terbesar di dunia adalah Brasil dan India. Sedangkan di Negara Karibia tebu di olah menjadi falemum dan dipergunakan sebagai bahan campuran cocktail.

Tebu ternyata tidak hanya bisa menghasilkan gula pasir dan vetsin saja. Di dalam air tebu mengandung beberapa zat yang dapat digunakan sebagai bahan obat alternatif. Berikut ini kandungan atau senyawa yang ada dalam air tebu :

·      Octacosanol
Di dalam air tebu mengandung senyawa octacosanol yang berkhasiat memberikan perlindungan terhadap oksidasi protein darah, mencegah penumpukan plak pada dinding pembuluh, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hasil penelitian yang di lakukan oleh National Center for Scientific Research, Havana, Kuba, menyatakan senyawa octacosanol adalah senyawa sejenis alkohol rantai panjang yang mampu menekan produksi sintesa kolesterol dengan cara melakukan pengaturan enzim reduktase HMG-CoA sehingga dapat membatasi laju sintesa kolesterol di dalam hati. Pemberian octacosanol 10 mg per hari terbukti menurunkan kolesterol darah sebanyak 17,5% dan LDL-kolesterol sebanyak 21,8%. Akan tetapi hal tersebut tidak meningkatkan kadar glukosa atau glikemik darah dan justru malah menigkatkan kadar HDL-koesterol sebanyak 11,3%. Konsumsi octacosanol dalam waktu jangka panjang sangat efektif untuk menurunkan serta mengontrol kolesterol darah tanpa menimbulkan efek samping.

·      Saccharant (Senyawa Antidiabetik)
Air tebu mengandung Saccharant yaitu suatu senyawa jenis polisakarida non-pati yang berfungsi sebagai antidiabetik. Namun sayangnya dalam pengolahan tebu menjadi gula pasir, senyawa polisakarida tersebut pecah saat proses pemanasan menjadi disakarida yang dikenal sebagai saccharosa (sukrosa) atau senyawa pencetus diabetes. Hal tersebut yang dapat membedakan air tebu dengan gula pasir.

·      Asam Lemak
Pada air tebu terdapat beberapa kandungan asam lemak seperti asam arachidat 7,6%, asam linoleat 36,1%, asam linolenat 6,9%, asam oleat 10,2%, dan asam palmitat 25,0%. Kandungan – kandungan tersebut memiliki efek anti radang dan analgetik (penghilang nyeri). Hal tersebut yang membuat tebu menjadi obat tradisional multifungsi. Secara tradisional tebu bisa dimanfaatkan sebagai antiracun, antiseptic, obat lambung, mengobati kanker paru – paru dan beberapa tumor, pengencer dahak serta menyembuhkan luka. Air tebu juga bisa digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Sedangkan ampas dari tebu bisa digunakan sebagai penutup luka dan membalut patah tulang. Bahkan di India jus tebu dijadikan sebagai obat untuk mengobati tumor di bagian perut.

Dan berikut ini beberapa manfaat tebu untuk kesehatan :
1.    Kesehatan Gigi
Di Negara India tebu banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum ekstrak dari sari tebu yang ditambahkan jeruk nipis dan garam. Hal tersebut diyakini dapat memberikan kekuatan pada gigi dan gusi.

2.    Kesehatan Jantung
Air tebu mengandung banyak karbohidrat yang dapat meningkatkan kekuatan mata, ginjal, jantung dan otak. Dengan mengkonsumsi air tebu secara teratur diyakini dapat menjaga metabolisme tubuh dari kekurangan cairan dan dapat terhindar dari stroke.

3.    Mencegah Sakit Tenggorokan dan Flu
Air tebu dapat menjaga metabolisme tubuh sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah sakit tenggorokan dan pencegah flu. Air tebu juga memiliki sifat alkali yaitu bersifat reaktif termasuk zat pereduksi kuat sehingga dapat mencegah kanker prostat dan payudara.

4.    Menyembuhkan Penyakit Kuning
Penyakit kuning adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membrane yang disebabkan oleh adanya bilirubin di dalam darah. Penyakit tersebut disebabkan karena menurunnya fungsi hati. Air tebu dapat membantu dalam pengobatan penyakit kuning kaena memberikan kekuatan pada hati selama menderita penyakit kuning. Air tebu juga membantu menjaga aliran seni dan ginjal untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

5.    Menyembuhkan Infeksi
Air tebu juga diyakini bisa menyembuhkan infeksi saluran kemih, peradangan pada perut hingga penyakit menular seksual.

6.    Mengobati Batu Ginjal
Pada air tebu terdapat kandungan alami yang dapat memecah batu ginjal yang terjadi karena dehidrasi.

7.    Mencegah Kanker
Di dalam air tebu terdapat kandungan alkali yang baik untuk mencegah kanker terutama kanker paru – paru, kanker payudara dan kanker usus besar.

8.    Baik untuk penderita diabetes
Air tebu mengandung pemanis alami sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak akan memicu penyakit diabetes.

9.    Kaya akan nutrisi
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa air tebu juga dapat memulihkan kekurangan vitamin didalam tubuh akibat penyakit demam yang tinggi. Hal tersebut disebabkan air tebu memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium dan zat besi, serta kaya akan vitamin.

10.    Menghidrasi Tubuh
Dehidrasi masih menjadi penyakit yang sering ditemui terutama ketika cuaca sangat pabas. Air tebu dipercaya dapat menurunkan panas tubuh dan menghidrasinya kembali

51 Responses to "Manfaat Tanaman Tebu : Hidup Sehat Dengan Si Manis"

  1. Manfaat Tersembunyi pohon tebu Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete
  2. Biang keringat adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit Cara Menghilangkan Biang Keringat

    ReplyDelete
  3. If you fail to manage time, then you will also fail to manage any
    Obat Herbal Flu Berkepanjangan

    ReplyDelete

  4. Solusi paling efektif untuk mengatasi batuk kering pada anak.
    Obat Herbal Batuk Kering Buat Anak yang Ampuh

    ReplyDelete
  5. thank you for the above review and very helpful .
    typhoid disease is very dangerous for children , click on the following typhoid disease
    Kenali Penyakit Tipes Pada Anak Yang Harus Diketahui
    Mengenal Penyakit Tipes Pada Anak Yang Perlu Diwaspadai
    Penyakit Tipes

    ReplyDelete
  6. I was very fortunate to be able to visit your page. You can also find interesting information about health here. The one of it is Obat Pereda Nyeri Ulu Hati

    ReplyDelete

  7. Whenever contemplating very best product as well as me personally, basically devote the product this amazing site daily trained with offers quality product, enjoy it!
    Obat Darah Tinggi | Pengobatan Darah Tinggi | Pengobatan Hernia | Pengobatan Hidrokel | Cara Mengobati Darah Tinggi
    Semoga Menjadi Amal Shaleh

    ReplyDelete
  8. Apa Penyebab Anak Muda Di Italia Terkena Hipertensi

    Penyebab Anak Muda Di Italia Terkena Hipertensi salah satunya adalah karena asupan pola makan yang dikonsumsi oleh mereka kurang sehat seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji

    ReplyDelete
  9. Verry good, and Best Author
    mengobati asma total pada anak
    From Nothing For Some Thing

    ReplyDelete
  10. Sangat keren dan sangat membantu kami menemukan informasi terimakasih atas informasi dari postingan yang cukup luar biasa ini, jang lupa untuk mengunjungi :
    Obat Hidrokel Paling Dipercaya Para Ahli dan juga
    Download Hawari - Belahan Jiwa lalu
    Cara Herbal Mengobati Buah Zakar Thank's

    ReplyDelete
  11. Terima Kasih atas informasinya, sangat bagik, article dan templatenya sangat baik. jangan lupa jika anda mengalami masalah pada Tipes atau Ambeien / Wasir dan Tenggorokan Gatal dan Batuk Kering
    Sukses.

    ReplyDelete