Sejuta Manfaat Putri Malu

Putri malu adalah jenis tanaman perdu pendek anggota polong - polongan yang memiliki karakter unik yaitu daunnya akan menutup atau layu ketika tersentuh. Hal tersebut disebabkan putri malu memiliki kepekaan terhadap rangsangan. Putri malu berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah kemudian tersebar di wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan dan Kepulauan Pasifik. Tanaman pemalu tersebut memiliki nama latin Mimosa Pudica Linn dan termasuk tanaman liar yang bisa tumbuh dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.
Sejuta Manfaat Putri Malu
Sejuta Manfaat Putri Malu

Putri malu memiliki daun majemuk menyirip ganda dua dengan jumlah anak daun pada setiap siripnya 5 – 26 pasang. Helaian anak daun berbentuk memanjang sampai langset, ujungnya runcing, pangkal memundar dan tepinya rata. Jika diraba terasa licin pada permukaan atas juga bawah daun dan jika daun tersentuh akan melipatkan diri. Batang putri malu berbentuk bulat serta terdapat rambut dan mempunyai duri yang menempel. Bunganya juga berbentuk bulat seperti bola tetapi tidak mempunyai mahkota yang besar seperti bunga – bunga lainnya. Putri malu juga mempunyai buah dan biji yang berukuran sangat kecil. Sedangkan akarnya adalah akar pena yang sangat kuat dan berbeda dengan akar – akar tanaman lainnya.

Tanaman putri malu memiliki khasiat yang cukup besar untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Dari daun hingga akarnya tanaman tersebut berkhasiat untuk Antiradang, Antipiretik (penurun panas), Antitusif (antibatuk), Ekspektoran (peluruh dahak), Diuretic (peluruh air seni), dan Transquilizer (penenang). Putri malu juga memiliki kandungan mimosine yang mempunyai sifat kimiawi dan efek farmakologi manis, astringen dan agak dingin.

Berdasarkan hasil penelitian dan menurut para ahli pengobatan dari cina menyatakan putri malu juga bisa mengobati berbagai penyakit lain seperti kencing batu, radang mata akut, peradangan saluran napas (bronchitis), cacingan, panas tinggi pada anak – anak, insomnia, dan herpes. Putri malu ternyata juga bermanfaat mencegah terjadinya erosi atau pengikisan tanah oleh air. Hal tersebut disebabkan putri malu memiliki akar pena yang sangat kuat sehingga bisa menahan tanah dari bahaya erosi juga dari air hujan.

Akan tetapi pemakaian akar putri malu dalam dosis yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan keracunan dan muntah – muntah. Tanaman tersebut juga tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil karena bisa membahayakan janin.

Berikut ini beberapa manfaat putri malu dan cara pemanfaatannya sebagai obat herbal alami :
1.    Mengobati Hepatitis
Air rebusan putri malu mampu mencegah serta mengobati penyakit hepatitis. Rebus 10 gr putri malu sampai mendidih selama 15 menit. Minum air rebusan tersebut secara rutin.

2.    Mengobati Insomnia
Rebus 30 – 60 gr putri malu atau 15 gr putri malu dicampur dengan 15 gr sawi langit dan 30 gr daun calincing.

3.    Mengobati Bronchitis Kronik
Rebus 60 gr putri malu dengan 600 cc air, rebus dengan api kecil sampai menjadi 200 cc. setelah mendidih bagi air rebusan menjadi 2 kali minum.

4.    Mengobati Batuk Berdahak
Rebus 10 – 15 gr akar putri malu sampai mendidih lalu minum air rebusan tersebut secara rutin.

5.    Mengobati Rematik
Rendam 15 gr akar putri malu dalam 500 cc arak putih selama 2 minggu. Setelah direndam tempelkan pada bagian yang sakit.

2 Responses to "Sejuta Manfaat Putri Malu"