Manfaat Kencur Untuk Kesehatan : Herbal Obat Batuk dan Penyembuh Tetanus

Kencur merupakan salah satu tanaman Zingiberaceae atau tanaman temu – temuan. Tanaman tersebut bisa tumbuh subur di daerah pegunungan atau dataran rendah yang memiliki tekstur tanah gembur serta tidak terlalu berair. Tanaman kencur juga sudah lama dikenal dan ditanam di Indonesia. Diperkirakan tanaman tersebut berasal dari daerah Aisa Tropika. Namun ada juga sebagian kalangan yang menyebut tanaman kencur berasal dari kawasan indo – Malaysia. Akan tetapi sumber literature lainnya memastikan bahwa tanaman kencur berasal dari India.

Kencur atau yang disebut juga dengan Kaempferia Galanga termasuk golongan tanaman jenis empon – empon yang mempunyai daging lunak dan tidak berserat. Kencur memiliki daging yang berwarna putih dan kulit luar yang berwarna coklat. Sedangkan rimpangnya mempunyai aroma yang khas dan spesifik. Selain bisa digunakan sebagai bumbu dapur rimpang kencur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah sebagai obat batuk, gatal – gatal pada tenggorokan, perut kembung, mual, masuk angin, pegal – pegal, pengompresan bengkak, tetanus, penambah nafsu makan dan juga sebagai minuman segar atau yang lebih dikenal dengan beras kencur.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan : Herbal Obat Batuk dan Penyembuh Tetanus
Kencur Untuk Kesehatan : Herbal Obat Batuk  
Hampir seluruh bagian dari tanaman kencur mengandung minyak atsiri. Berdasarkan analisis laboratorium terdapat lebih dari 23 jenis senyawa yang tersimpan di dalam minyak atsiri pada rimpang kencur. Tujuh di antaranya mengandung senyawa aromatic, monoterpana dan seskuiterpena. Zat – zat lain yang terdapat dalam rimpang kencur adalah cinnamal, aldehide, asam motil p-cumarik, etil ester dan pentadekan. Dalam penelitian lain juga menyebutkan rimpang kencur mengandung , asam anisic, gom, paraeumarin, sineol, pati (4,14%) dan mineral (13,73%). Kandungan – kandungan kimia tersebut sangat bermanfaat untuk pengobatan, terutama sebagai obat batuk, sakit perut, dan juga obat pengeluaran keringat.

Berikut ini beberapa khasiat kencur untuk kesehatan sekaligus cara pemanfaatannya untuk pengobatan :
1.    Mengobati Radang Lambung
Cuci bersih 2 rimpang kencur. Setelah itu dikupas lalu dikunyah. Telan air dari kencur yang dikunyah dan buang ampasnya. Lakukan engobatan tersebut hingga sembuh.

2.    Mengobati Keseleo
Cuci bersih 1 rimpang kencur. Rendam segenggam beras kemudian campurkan rimpang rimpang yang sudah dicuci bersih. Tumbuk keduanya sampai halus lalu balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

3.    Mengobati Masuk Angin
Cuci bersih 1 rimpang kencur kemudian dimakan bersama garam lalu minum dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari.

4.    Menghilangkan Darah Kotor
Cuci bersih 4 rimpang kencur, 2 biji cengkeh kering, 2 lembar daun trengguli, dan adas secukupnya kemudian rebus sampai mendidih. Seteah mendidih kemudian disaring lalu minum 2 kali sehari secara teratur.

5.    Mengobati Mulas Pada Perut
Parut 1 rimpang kencur yang sudah dicuci bersih. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam. Saring ramuan tersebut kemudian minum airnya 2 – 3 kali sehari.

6.    Mengobati Batuk
Parut 2 rimpang kencur yang sudaj dicuci bersih lalu campur dengan air hangat. Tambahkan sedikit garam kemudian disaring. Minum 1 kali sehari.

7.    Mengobati Diare
Tumbuk 2 rimpang kencur dengan 2 siung bawang merah wampai halus. Bungkus ramuan tersebut dengan daun piang lalu bakar sampai hangat. Oleskan ramuan tersebut pada bagian perut.

8.    Mengobati Migrain
Memarkan kencur bersama dengan jahe dan lempuyang secukupnya. Campur dengan pulasari, teh adas, serta air secukupnya. Peras ramuan tersebut kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum 2 sendok makan 3 kali sehari.

9.    Mengobati Asma
Parut kencur secukupnya lalu peras airnya. Campurkan 1 butir kuning telur ayam kampong dan 2 sendok makan madu. Diamkan sebentar lalu diminum.

10.    Mengobati Rematik
Potong – potong tipis 1 ons kencur kemudian campur dengan ½ ons jahe, 1 ons beras yang sudah digerus dan 1 ons biji kedawung. Campur dan rebus dengan 2 gelas air. Rebus sampai tersisa separuhnya lalu tambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Minum 2 kali sehari secara teratur masing – masing setengah gelas.

11.    Mengobati Tetanus
Rebus kencur bersama dengan 3 ruas jari gula aren dan setengah genggam jinten. Rebus hingga mendidih dan sampai airnya tersisa hanya setengahnya saja. Minum 2 kali sehari secata teratur.

Memarkan kencur secukupnya lalu seduh menggunakan air panas bersama dengan gula kelapa secukupnya dan 1 sendok teh tepung beras. Diamkan sampai dingin kemudian disaring. Minum 3 kali sehari secara teratur.

0 Response to "Manfaat Kencur Untuk Kesehatan : Herbal Obat Batuk dan Penyembuh Tetanus "

Post a Comment