9 Manfaat dan Khasiat Mangga Untuk Kesehatan

Buah mangga merupakan salah satu buah yang terkenal dengan rasa manis menyegarkan dan biasa digunakan sebagai jus, bahan masakan, salad, serta rujak atau lotis. buah yang juga dikenal dengan nama mango tersebut memiliki nama latin mangifera indica serta termasuk kedalam marga mangifera dan suku anacardiaceae.

Buah mangga sangat  mudah untuk dibudidayakan sehingga memiliki banyak varietas. Beberapa varietas dari buah mangga diantaranya mangga golek, mangga arum manis, mangga manalagi, dan manggaapel. Buah mangga yang umumnya di jadikan makanan pencuci mulut ternyata juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan sehingga dapat dijadikan sebagai obat herbal.

manfaat dan khasiat mangga untuk kesehatan
manfaat dan khasiat mangga untuk kesehatan

Kandungan dalam buah mangga

Buah mangga banyak mengandung gizi dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan diantaranya karbohidrat, gula alami, fiber atau serat, vitamin A,C,B komplek,E, protein, beta karoten, thiamin, riboflavin, niacin, asam pantinenat, asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, seng, kalium, magnesium.

Manfaat dan khasiat Buah Mangga untuk kesehatan:
1.    Mencegah penyakit jantung
Kandungan dalam buah mangga yang berupa Vitamin A, vitamin E dan selenium dapat melindungi jantung dari serangan penyakit. Kandungan lain seperi Vitamin B6 berperan untuk menurunkan kadar asam amino dalam darah yang dapat merusak lapisan pembulu darah. Sedangkan kandungan pektin dan Vitamin C yang terdapat dalam buah mangga dapat menurunkan LDL atau biasa dikenal dengan kolesterol jahat dalam tubuh.

2.    Obat pencernaan
Buah mangga mempunyai kandungan serat dan asam galat yang sangat baik untuk pencernaan. Selain itu buah mangga juga mengandung enzim pencernaan yang bermanfaat untuk memecah protein agar mudah diserap oleh tubuh.

3.    Mencegah kanker
Banyaknya kandungan senyawa yang terdapat pada buah mangga seperti quercetin, isoquercetin, astragalin, fisetin dan methylgallat menjadikan mangga memiliki sifat anti-oksidan dan sifat anti-kanker. Kandungan pektin yang terdapat dalam buah mangga juga dapat melindungi saluran pencernaan dari serangan kanker.

4.    Melindungi kekebalan tubuh
Kandungan vitamin A dan C dalam buah mangga dapat melindungi kekebalan tubuh. Sedangkan kandungan karotenoid yang terdapat pada daging buah sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

5.    Menjaga kesehatan mata
Buah mangga juga mengandung vitamin A dan flavonoid seperti alfa-karoten, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthim yang dapat membantu mencegah kebutaan malam serta mata kering.

6.    Sebagai Pembersih darah
Buah mangga juga bisa berfungsi sebagai desinfektan karena mengandung riboflavin yang dapat menanggulangi dan mengobati beragam penyakit serta gangguan kesehatan yang disebabkan oleh darah kotor.

7.    Menurunkan resiko stroke
Kandungan kalium yang terdapat pada buah mangga berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, membantu tekanan darah  dan mengaktifkan kontraksi otot. Dengan mengkonsumsi kalium secara memadai dapat menurunkan resiko terkena stroke serta mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah.

8.    Meningkatkan gairah sex
Kadar vitamin E yang terdapat pada buah mangga dapat mengatur hormon sex dan meningkatkan libido.

9.    Menjaga kesehatan gusi dan gigi
Di samping berfungsi sebagai antioksidan, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah mangga juga memiliki fungsi menghambat produksi natrosamin (suatu zat pemicu kanker), menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, membantu penyerapan zat besi, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C juga dapat membantu dalam menyembuhkan luka serta membuat jaringan penghubung tetap normal.

Tidaklah mengherankan buah mangga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan, karena kandungan yang terdapat dalam buah mangga tersebut juga sangat banyak

0 Response to "9 Manfaat dan Khasiat Mangga Untuk Kesehatan"

Post a Comment