Khasiat Tersembunyi Dibalik Pohon Pisang

Tanaman pisang memiliki nama latin Musa Paradisiaca L. Tanaman tersebut tumbuh di daerah tropis dan sudah tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Selain buahnya yang manis pohon pisang juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari akar, bonggol, bunga, daun juga kulitnya. Namun kebanyakan orang hanya memanfaatkan buahnya saja untuk diolah menjadi aneka makanan dan camilan tanpa mengetahui khasiat yang ada pada bagian – bagian pohon pisang lainnya.

Pada bonggol pohon pisang terdapat cairan yang bisa digunakan sebagai pembersih setelah melahirkan, mengatasi berak darah karena panas dalam, perdarahan setelah melahirkan (nifas), radang ginjal sifilis, digigit ular berbisa, disentri atau diare, wasir berdarah, serta mengatasi rambut rontok dan beruban.

Akar pisang memiliki manfaat sebagai antiradang, penawar racun, peluruh kencing, pereda demam (antipiretik), mendinginkan darah, dan mengatasi sesak napas (asma). Hal itu dikarenakan akar pisang mengandung dopamin, hidroksitriptamin, norepinefrin, serotonin, tannin, vitamin A, B dan C.

Buah pisang yang masih muda mengandung banyak tanin sehingga berkhasiat sebagai antidiare, antidisentri dan untuk pengobatan tukak lambung. Selain itu buah pisang juga mengandung fruktosa, flavonoid, glukosa, lemak, minyak menguap, protein, sukrosa, tepung, vitamin A, B dan C, mineral (kalium, kalsium, fosfor, besi), pectin, serotonin, hidroksitriptamin, dopamine dan noradrenalin. Buah pisang juga dipercaya bisa melancarkan buang air besar yang tidak teratur.

Kulit buah pisang dapat digunakan untuk mengatasi ulkus di tungkai pada penyakit diabetes mellitus, borok yang menyerupai kanker, kutil (wart), kelainan kulit pada herpes, migraine, hipertensi sekunder, rambut tipis, luka bakar juga kemerahan pada kulit. Sedangkan bunganya dapat digunakan untuk mencegah pendarahan otak dan stroke.

Daun pisang yang masih tergulung bisa digunakan untuk mengatasi haid terlalu banyak, mimisan atau pendarahan lainnya, tapal dingin pada kulit bengkak atau lecet, mengobati batuk atau sakit dada seperti bronchitis, disentri, keputihan (leukorea), radang tenggorokan, radang otak (epidermic encephalitis), serta mengatasi masalah rambut tipis. Selain itu daun pisang juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Berikut ini manfaat – manfaat lain pada daun pisang yang berguna untuk kesehatan :

·      Mengobati Luka Kecil dan Ketombe
Sari daun pisang dapat mengobati luka kecil dan gangguan kulit lainnya seperti eksim, ketombe, dan sengatan matahari.

·      Meredakan Gigitan Serangga
Daun pisang juga dapat meredakan sengatan lebah, gigitan serangga beracun, gigitan laba – laba, ruam juga iritasi pada kulit.

·      Allantoin
Pada daun pisang terdapat bahan aktif yang disebut allantoin yang bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit, membunuh kuman serta merangsang pertumbuhan sel – sel kulit baru. Bahan aktif allantoin tersebut bisa digunakan sebagai bahan lotion dan bahan kosmetik alami.

·      Mengobati Peradangan
Daun pisang yang dicampur dengan cabai rawit dan comfrey dapat membantu mengurangi bekas luka pada kulit, mengobati luka fisik, mengatasi gatal, pendarahan serta mengurangi semua jenis peradangan.

·      Salep Alami
Daun pisang yang dicampur dengan minyak zaitun dan beeswax dapat menyembuhkan ruam popok dan gigitan nyamuk pada kulit bayi.

0 Response to "Khasiat Tersembunyi Dibalik Pohon Pisang"

Post a Comment