Manfaat Daun Kelor : Manfaatnya Tak Sekecil Ukurannya

Dunia tak selebar daun kelor. Peribahasa tersebut tentunya sudah sering kita dengar diucapkan banyak orang. Peribahasa tersebut muncul karena daun kelor memang memiliki ukuran yang cukup kecil. Namun dibalik ukurannya yang kecil ternyata tersimpan manfaat dan kandungan nutrisi yang sangat besar.
Manfaat Daun Kelor : Manfaatnya Tak Sekecil Ukurannya
Manfaat Daun Kelor : Manfaatnya Tak Sekecil Ukurannya

Tanaman kelor memiliki nama latin Moringe Oilefera dan termasuk dalam suku Moringaceae. Tanaman tersebut berupa pohon kecil dengan tinggi 3 – 10 meter. Pohon kelor memiliki daun berwarna hijau pucat mirip ganda, berbentuk bulat telur dengan anak daun menyirip ganjil. Pohon kelor juga memiliki bunga yang berwarna putih kekuning – kuningan dan pada bunganya juga terdapat tudung pelepah berwarna hijau. Pohon kelor berbunga sepanjang tahun dan memiliki aroma yang semerbak. Pohon kelor juga memiliki buah berbentuk segitiga memanjang bernama kelentang yang bisa dikonsumsi sebagai sayuran.

Dari beberapa penetilian mengungkapkan bahwa ternyata kandungan vitamin dalam daun kelor 4 kali lipat lebih banyak dari wortel dan 7 kali lipat lebih banyak dari buah jeruk. Daun kelor juga mengandung kalsium yang setara dengan 4 gelas susu dan kandungan potassiumnya juga 3 kali lipat lebih banyak dari buah pisang. Protein yang terkandung dalam setiap 100 gr daun kelor setara dengan 1 butir telur. Tanaman kelor juga menghasilkan tepung yang kandungan proteinnya lebih tinggi dari pada daun kelor segar.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kandungan nutrisi yang ada dalam daun kelor :
·      Mengandung lebih banyak vitamin C
Vitamin C berguna untuk memperkuat system kekebalan tubuh serta melawan penyakit infeksi seperti flu dan pilek. Buah yang mengandung banyak vitamin C adalah jeruk dan lemon akan tetapi vitamin C yang ada pada daun kelor 7 kali lipat lebih banyak dari buah jeruk.

·      Mengandung Potassium
Potassium sangat penting untuk otak dan saraf. Sumber potassium yang sangat baik adalah buah pisang namun daun kelor mengandung potassium 3 kali lipat lebih banyak dari buah pisang.

·      Kaya Vitamin A
Vitamin A berguna sebagai pelindung dalam melawan penyakit mata, jantung, kulit, diare dan penyakit ringan lainnya. Sumber vitamin A yang telah banyak di ketahui adalah wortel tetapi ternyata vitamin A yang ada pada daun kelor 4 kali lipat lebih banyak dari wortel.

·      Mengandung Kalsium
Kalsium bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi yang lebih kuat serta bermanfaat dalam mencegah osteoporosis. Susu merupakan sumber kalsium yang baik namun daun kelor menyediakan kalsium 4 kali lipat lebih banyak dari pada susu. Daun kelor juga dapat membantu memenuhi kekurangan gizi pada bayi, mengatasi kekurangan darah dan membantu membangun kembali tulang – tulang yang lemah.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun kelor tersebut berpotensi dapat melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Mengkonsumsi daun kelor dapat dapat meningkatkan energi dan ketahanan tubuh serta dapat memenuhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Setelah melakukan penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menemukan bahwa kelor sangat berjasa terhadap Negara – Negara miskin di dunia karena menjadi penambah kesehatan murah selama 40 tahun dan akhirnya menobatkan kelor sebagai pohon ajaib. WHO juga menganjurkan pada bayi dan balita untuk mengkonsumsi daun kelor selama masa pertumbuhan.

Di Indonesia pohon kelor banyak di tanam sebagai pagar atau pembatas kebun. Namun sayangnya belum banyak yang memanfaatkan daunnya sebagai sumber nutrisi. Di Indonesia tercatat baru di wilayah Nusa Tenggara saja yang sudah memanfaatkan daun kelor untuk dikonsumsi. Sedangkan di Afrika daun kelor sudah digunakan untuk mengobati diabetes dan di India daun kelor di gunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Bahkan dalam tradisi pengobatan India kuno (Ayurveda) daun kelor digunakan untuk menyembuhkan sekitar 300 jenis penyakit.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan :
·      Anti – Inflamasi
Daun kelor mengandung kalsium dan fosfor yang sangat berguna untuk pengobatan. Selain itu daun kelor juga mengandung mineral dan vitamin yang sangat tinggdi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa daun kelor mampu menurunkan ekspresi protein tumor dan menghambat aktifasi NFKB.

·      Mengatasi Nyeri, Letih dan Linu
Daun kelor mengandung Pterigospermin yang  bisa merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param. Daun kelor juga memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh.

·      Mengatasi Kolesterol Jahat
Kolesterol dalam darah bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti stroke, serangan jantung, impotensi, gagal ginjal, dan berbagai jenis penyakit kronis lainnya. Tingginya kolesterol bisa disebabkan makanan yang yang kurang sehat dan faktor psikologis seperti stress. Ketika stress hormon adrenalin dan kortisol akan meningkat sedangkan kedua hormon tersebut dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Ekstrak daun kelor diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung obat yang sebanding dengan obat atenolol yang di eksperimenkan untuk menurunkan kadar lemak pada tikus.

Daun kelor juga berkhasiat mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan kekurangan vitamin dan mineral, seperti gangguan penglihatan yang disebabkan kekurangan vitamin A, penumpukan lemak pada liver akibat kekurangan Choline, mengobati penyakit beri – beri yang disebabkan karena kekurangan vitamin B, mengatasi kulit kering dan pecah – pecah karena kekurangan vitamin B2, mengatasi penyakit dermatitis yang disebabkan kekurangan vitamin B3, pendarahan gusi karena kekurangan vitamin C, dan gangguan pertumbuhan pada anak karena kekurangan protein.

Selain itu daun kelor juga mempunyai banyak manfaat lain untuk kesehatan, diantaranya adalah :
1.    Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
2.    Menyegarkan mata dan otak
3.    Meningkatkan metabolisme tubuh
4.    Meningkatkan struktur sel tubuh
5.    Meningkatkan serum kolesterol alamiah
6.    Mengurangi kerutan dan garis – garis pada kulit
7.    Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
8.    Memperindah kulit
9.    Meningkatkan energi
10.    Memudahkan pencernaan
11.    Sebagai antioksidan
12.    Memelihara sistem imunitas tubuh
13.    Meningkatkan system sirkulasi yang menyehatkan
14.    Bersifat anti – peradangan
15.    Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
16.    Mendukung kadar gula normal dalam tubuh

0 Response to "Manfaat Daun Kelor : Manfaatnya Tak Sekecil Ukurannya"

Post a Comment