Si Kingkit Pereda Batuk

Jeruk bukanlah tanaman asing di Indonesia dan merupakan buah paling populer di dunia. Konon terdapat 1.300 jenis anggota spesies dari kelompok jeruk yang tersebar di seluruh belahan dunia. Salah satunya adalah jeruk kingkit yang nampaknya belum begitu dikenal banyak orang.
Si Kingkit Pereda Batuk
Si Kingkit Pereda Batuk

Jeruk kingkit memiliki nama latin Triphasia Trifolia. Tanaman tersebut berasal dari kepulauan Melanesia kemudian tersebar ke pulau – pulau sepanjang samudera pasifik termasuk kepulauan nusantara. Tanaman jeruk kingkit berupa tanaman perdu tegak lemah atau semak dan masih termasuk kerabat dekat buah jeruk. Selama ini tanaman jeruk kingkit biasa dijadikan sebagai tanaman hias namun belum banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya jeruk kingkit juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan

Tanaman jeruk kingkit biasa tumbuh di pekarangan rumah atau di ladang dengan ketinggian 1 – 500 dpl dan memiliki ketinggian hiangga 3 m. Daunnya majemuk berjari 3 (trifoliata) dan berwarna hijau tua mengkilap. Bunganya berwarna putih dan memiliki  3 mahkota bunga. Buah dari jeruk kingkit berwarna merah, berbentuk seperti jeruk bayi tanpa biji dan termasuk tipe hesperidium. Jeruk kingkit memiliki daging buah berupa cairan yang lekat namun jarang di konsumsi karena rasanya asam dan agak hambar.

Jeruk kingkit dipercaya dapat mengobati diare, mengobati batuk, obat penyakit gonorrhoe, sebagai ekspektoran juga bisa untuk merawat kuku. Di dalam buah jeruk kingkit terdapat kandungan linalool, sejenis alkohol alami yang bermanfaat sebagai antiseptik, antijamur dan penenang. Kandungan linalool tersebut juga sangat baik untuk mengurangi sakit perut dan membunuh bakteri yang menyebabkan diare.

Jeruk kingkit juga mengandung zat limonene yaitu zat aromatik yang dapat meluruhkan dahak sehingga cukup efektif untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Selain itu jeruk kingkit juga mengandung isomeranzin, coumarins, tripasiol, umbelliferone, atau 7–(3-methyl-2,3 dihyroxybutyloxy)-8-(3-methyl-2-oxobuthyl).

Berikut ini cara pemanfaatan jeruk kingkit sebagai obat herbal alami:
·      Obat Batuk
Masukkan 1 genggam jeruk kingkit matang yang sudah dibersihkan terlebih daulu ke dalam 1 gelas air panas. Tambahkan madu untuk memberikan rasa manis yang alami lalu diamkan selama 5 – 10 menit. Bagi penderita kencing manis disarankan untuk tidak menambahkan madu atau gula.

·      Obat Diare
Rebus buah jeruk kingkit yang sudah matang bersama dengan 7 lembar daun jeruk kingkit di dalam air 110 ml sampai mendidih selama 15 menit. Minum air rebusannya 3 – 4 kali sehari sampai diare mereda.

·      Merawat Kuku
Hancurkan satu buah jeruk kingkit yang sudah matang lalu gosokkan sarinya pada bagian kuku. Diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air dingin.

0 Response to "Si Kingkit Pereda Batuk"

Post a Comment