Manfaat Daun Sirih : Cara Alami Mengusir Bau Badan dan Keputihan

Sirih merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat dan bersandar pada batang tanaman lain. Tanaman tersebut memiliki nama latin Piper Betle dan termasuk dalam keluarga Piperaceae.

Sejak zaman dahulu daun sirih sudah dimanfaatkan untuk obat – obatan tradisional. Hal tersebut karena daun sirih dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti menahan pendarahan, mimisan, menyembuhkan luka pada kulit, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, mengatasi gangguan pencernaan, serta menghilangkan bau badan. Selain itu daun sirih juga biasa dimakan atau dikunyah bersama dengan buahnya beserta pinang dan gambir atau yang biasa disebut dengan “nyirih”.
Manfaat Daun Sirih : Cara Alami Mengusir Bau Badan dan Keputihan
Manfaat Daun Sirih : Cara Alami Mengusir Bau Badan dan Keputihan

Daun sirih memiliki zat atau senyawa yang bisa membasmi kuman serta bersifat antifungi dan antioksidan. Senyawa – senyawa tersebut meliputi minyak esensial, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allyppyrokaterol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpen dan gula. Daun sirih juga bersifat antiseptik yang bisa mencegah datangnya bakteri perusak gigi serta menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri atau kuman. Di dalam setiap lembaran daun sirih juga terdapat kandungan bahan aktif berupa fenol dan kavikol yang bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami.

Berikut ini beberapa khasiat daun sirih dalam menyembuhkan penyakit serta cara pemanfaatannya sebagai obat herbal alami :
1.    Melancarkan Buang Air Kecil
Daun sirih bersifat diuretik yaitu dapat melancarkan buang air kecil. Campur jus daun sirih dengan madu dan susu lalu minum 1 minggu sekali.

2.    Menghentikan Mimisan (pendarahan)
Gulung 1 lembar daun sirih lalu tekan sampai keluar minyaknya, gunakan untuk menyumbat hidung yang mengalami pendarahan atau mimisan.

3.    Mengobati Diare
Tumbuk 4 – 6lembar daun sirih bersama dengan satu sendok minyak kelapa dan 6 biji lada. Setelah halus gosokkan tumbukan tersebut pada perut, lakukan hal tersebut sampai sembuh.

4.    Mengobati Sakit Gigi
Rebus daun sirih sampai mendidih lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur – kumur. Bisa juga dengan meremas 2 lembar daun sirih bersama garam kemudian diseduh dengan air panas, setelah agak dingin gunakan untuk berkumur.

5.    Mengobati Alergi
Tumbuk 6 lembar daun sirih bersama dengan 1 ½ sendok minyak kayu putih dan 1 potong jahe kuning. Setelah halus gosokkan pada bagian tubuh yang terkena alergi atau gatal.

6.    Mengobati Bronkhitis
Rebus 7 lembar daun sirih yang sudah dirajang halus bersama dengan gula batu. Tunggu sampai mendidih lalu saring air rebusan tersebut, minum 3 kali sehari masing – masing 3 sendok makan.

7.    Mengobati Keputihan
Rebus 7 – 10 lembar daun sirih hingga mendidih. Gunakan untuk membasuh dan membersihkan daerah kewanitaan ketika masih hangat.

8.    Mengobati Sifilis
Rebus 25 – 39 lembar daun sirih bersama tangkainya, tambahkan ¼ kg gula aren dan garam secukupnya. Tunggu sampai mendidih kemudian disaring, minum 3 kali sehari secara terus – menerus.

9.    Mengobati Luka Bakar
Peras daun sirih secukupnya kemudian tambahkan madu, bubuhkan pada bagian kulit yang terdapat luka bakar.

10.    Menghilangkan Bau Badan
Rebus 5 lembar daun sirih sampai mendidih. Minum air rebusan tersebut pada siang hari.

0 Response to "Manfaat Daun Sirih : Cara Alami Mengusir Bau Badan dan Keputihan"

Post a Comment