Manfaat Bunga Melati : Si Putih, Si Kecil , Si Wangi

Manfaat Bunga Melati : Si Putih, Si Kecil , Si Wangi
Manfaat Bunga Melati : Si Putih, Si Kecil , Si Wangi

Melati merupakan tumbuhan semak berbunga yang memiliki nama latin Jasminum Officinale. Tanaman tersebut dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dan berbunga sepanjang tahun. Di Indonesia tanaman melati banyak ditanam dipekarangan rumah atau sebagai pembatas pagar. Sejak zaman dahulu melati sudah dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Akan tetapi nampaknya belum begitu banyak yang mengetahui manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan tradisional.

Bunga melati yang segar mengandung minyak eterik. Selain itu bunga melati juga mengandung benzilic, asetat, linalcohol, alkohol benzilic, indol dan jasmon.zat – zat tersebut memberikan sifat afrodisiak pada melati. Afrodisiak adalah bahan yang berfungsi meningkatkan libido atau gairah seksual. Sejak zaman sejarah kuno teh melati sudah dikenal sebagai afrodisiak alami yang kuat sehingga sangat baik untuk merangsang dorongan seksual, meningkatkan libido dan kekuatan seksual, serta mengobati infertilitas pada pria dan wanita.

Di wilayah Mediterania melati merupakan salah satu obat herbal yang paling di kenal dan telah dimanfaatkan sebagai obat herbal alami selama berabad – abad. Sedangkan di Cina bunga melati dimanfaatkan menjadi teh melati dan diminum sepanjang musim terutama ketika musim dingin. Selain itu teh melati juga diyakini dapat meringankan stress, menurunkan kemungkinan kanker, mengurangi kolesterol, mengurangi berat badan, mengurangi kemungkinan pilek dan flu, anti bakteri, mengatur sirkulasi dan mengatur produksi insulin.

Selain itu bunga melati juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal alami. Berikut ini cara memanfaatkan bunga melati sebagai obat herbal alami :

1.    Obat Sesak Nafas
Rebus 20 lembar daun melati dalam 3 gelas air putih. Campurkan garam secukupnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari setiap pagi dan sore.

2.    Obat Demam dan Sakit Kepala
Remas – remas segenggam daun melati bersama 10 kuntum bunga melati sampai layu dan sedikit hancur lalu rendam dalam air. Gunakan air rendaman tersebut untuk mengompres dahi.

3.     Obat Sengatan Lebah/Serangga
Remas – remas segenggam bunga melati lalu tempelkan pada bagian tubuh yang di sengat lebah atau di gigit serangga.

4.    Obat Sakit Mata
Mata merah karena iritasi atau belekan juga bisa diatasi dengan menggunakan daun melati. Pipis halus satu genggam daun melati lalu tempelkan pada dahi diatas mata.

5.    Menghentikan ASI Berlebihan
ASI yang keluar terlalu banyak tentunya cukup merepotkan. Hal tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan daun melati. Pipis halus satu genggam daun melati kemudian tempelkan pada payudara setiap pagi sebelum mandi.

0 Response to "Manfaat Bunga Melati : Si Putih, Si Kecil , Si Wangi"

Post a Comment