11 Khasiat dan Manfaat Daun Bawang: Daun Herbal yang Ramah Dengan Jantung dan Rendah Kalori

Daun bawang merupakan sayuran yang biasa digunakan untuk menambah bau sedap pada masakan terutama masakan Indonesia. Banyak berbagai jenis masakan yang menggunakan daun bawang sebagai bahan pelengkap seperti martabak, Sop, Soto, mie ayam dan masih banyak lainnya. Tetapi tak banyak yang tau bahwa sebenarnya daun bawang juga kaya akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

11 Khasiat dan Manfaat Daun Bawang: Daun Herbal yang Ramah Dengan Jantung dan Rendah Kalori
daun bawang

Mengenal daun bawang

Daun bawang ternyata terbagi menjadi dua macam yaitu daun bawang semprong/sibol atau bakung yang mempunyai nama latin Allium Fistulosum (yang biasa kita jumpai)  dan daun bawang leek atau prei yang mempunyai nama latin Allium Perrum. Perbedaan meraka tak hanya terdapat dari nama saja, tetapi dari bentuk fisik juga berbeda.

Daun bawang semprong/sibol mempunyai umbi kecil, berdaun bulat dan panjang serta memiliki lubang seperti pipa. Sedangkan daun bawang leek/prei tidak mempunyak umbi, berdaun panjang, pipih dan terdapat pelepah.  Meski dari fisik berbeda tetapi kedua daun bawang tersebut memiliki khasiat yang sama untuk kesehatan.

Daun bawang memiliki banyak kandungan nutrisi. Untuk Nilai gizi per 100 g  terdapat Energi 142 kJ (34 kcal), Karbohidrat = 6,5 g,Sugars = 2.18 g,Serat pangan = 2,4 g,lemak = 0,4 g serta protein = 1,9 g.
Untuk kandungan  vitamin terdapat Vitamin A = 1160 IU, Tiamin (B1) = 0,05 mg, Riboflavin (B2) = 0.09 mg, Niacin (B3) = 0,4 mg, Asam pantotenat (B5) = 0,169 mg, vitamin B6 = 0,072 mg, Folat (B9) = 16 mg, vitamin C = 27 mg, vitamin E = 0.51 mg, vitamin K = 193,4 mg.
Untuk kandungan Logam terdapat kalsium = 52 mg, besi = 1.22 mg, magnesium = 23 mg,  manggan = 0,137 mg, fosfor = 49 mg, kalium = 212 mg, sodium = 17 mg, seng = 0.52 mg

Manfaat daun bawang untuk kesehatan:
1.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bagian daun bawang yang berwarna putih mengandung banyak allicin yang merupakan senyawa belerang yang berfungsi untuk  meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2.    Mencegah Anemia
Di dalam daun bawang terdapat kandungan zat besi yang cukup banyak. Zat besi adalah kandungan  yang dapat membantu tubuh meningkatkan tekanan darah.

3.     Baik untuk jantung
Daun bawang juga dikenal baik untuk jantung karena di dalam daun bawang mengandung polysulfides yang berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung. Daun bawang juga kaya akan mineral yang berfungsi untuk mempertahankan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

4.    Kaya akan antioksidan
Daun bawang memiliki zat antioksidan yang bernama quercetin dan kemferfol yang baik untuk kesehatan. Terutama untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

5.    Mencegah kram otot
Di dalam daun bawang terdapat kalium yang bermanfaat untuk mencegah kram otot, mengatur kadar cairan dalam tubuh serta mengurangi masalah jantung.

6.    Anti infeksi dan anti bakteri
Pada bagian putih daun bawang terdapat kandungan anti-infeksi, sedangkan pada bagian yang berwarna hijau terdapat anti-bakteri. Kedua kandungan tersebut dapat melindungi tubuh dari segala macam infeksi.

7.     Mengobati diabetes
Daun bawang mengandung zat allium dan alil disulfida yang merupakan phyto-kimia dan memiliki sifat anti-diabetes. Zat tersebut juga dapat meningkatkan metabolisme glukosa serta membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh.

8.    Rendah kalori
9.    Memiliki kandungan serat yang tinggi
10.    Sebagai obat flu
11.    Sebagai obat cacing

Itu lah manfaat dan khasiat daun bawang untuk kesehatan, tak hanya daun bawangnya saja yang bermanfaat umbinya pun sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti bawang merah dan bawang putih
Yang lebih hebat dari tanaman ini adalah kulit dari bawang merah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

0 Response to "11 Khasiat dan Manfaat Daun Bawang: Daun Herbal yang Ramah Dengan Jantung dan Rendah Kalori"

Post a Comment