Manfaat Tanaman Mahoni Untuk Kesehatan

Pohon mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan – hutan jati dan di tempat lain yang dekat dengan pantai. Tanaman yang berasal dari hindia barat tersebut memiliki tinggi 5 – 25 meter, berakar tunggang, mempunyai batang yang berbentuk bulat, banyak bercabang dan kayunya bergetah. Daun mahoni yang masih muda berwarna merah dan yang tua berwarna hijau. Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun. Bunganya berwarna coklat, merupakan bunga majemuk yang tersusun dalam karangan dan keluar dari ketiak daun, tangkai bunga berbentuk silindris. Kelopaknya lepas satu sama lain, berbentuk seperti sendok dan berwarna hijau. Sedangkan mahkota bunganya berwarna kuning kecoklatan, silindris, dan benang sarinya melekat pada mahkota.

Manfaat Tanaman Mahoni Untuk Kesehatan
Manfaat Tanaman Mahoni Untuk Kesehatan
Pohon mahoni sudah dikenal sebagai pohon penghasil kayu yang digunakan untuk berbagai keperluan termasuk barang ukiran dan perabot rumah tangga. Pohon mahoni dapat membuat udara sekitar menjadi lebih segar sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai peneduh jalan. Selain itu pohon mahoni juga dapat menyerap air dalam junlah yang sangat tinggi. Pohon mahoni juga memiliki buah yang terkenal dengan rasanya yang sangat pahit dan  memiliki manfaat untuk kesehatan.

Biji buah mahoni (Swietenia Mahagoni Jacg)  berwarna kecoklatan, isinya berwarna putih dan memiliki sifat pahit, dingin dan antipiretik. Biji buah mahoni memiliki kemampuan sebagai astringent (mengeringkan) yaitu membentuk suatu lapisan yang melindungi usus dan mengendapkan protein selaput lendir usus sehingga dapat menghambat asupan serta laju peningkatan glukosa dalam darah.

Di dalam buah mahoni juga terdapat kandungan zat flavonoid dan saponins. Flavonoid berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa sakit pada pendarahan dan lebam, serta dapat mengurangi kolesterol dan penumpukan lemak pada saluran darah. Sedangkan saponins berfungsi untuk mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan system kekebalan tubuh, mencegah penyakit sampar, memperlambat proses pembekuan darah, mencegah pembekuan darah serta menguatkan fungsi hati.

Akan tetapi kandungan yang terdapat dalam buah mahoni tersebut juga memimliki efek samping. Zat saponin memiliki efek samping membuat kolesterol menjadi tinggi. Jika mengkonsumsi zat saponin secara berlebihan dan terus – menerus akan menimbulkan nyeri ulu hati. Namun karena daya tahan tubuh setiap orang yang berbeda – beda membuat keadaan tersebut menjadi berbeda – beda pula. Sedangkan zat flavonoid bertindak sebagai steroid dan hanya dianjurkan dikonsumsi dengan dosis 200 mg per hari.

Berikut ini manfaat buah mahoni untuk kesehatan :
1.    Melancarkan Peredaran Darah
Biji buah mahoni mengandung flavonoid yang bermanfaat melancarkan peredaran darah, mencegah penyumbatan pada saluran sarah, mengurangi kadar kolesterol, mengurangi pendarahan, mengurangi rasa nyeridan dapat menjadi antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

2.    Mengurangi Lemak
Biji buah mahoni juga mengandung saponin yang berfungsi mengurangi lemak dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat fungsi hati, memperbaiki gula darah serta memperlambat proses pembekuan pada darah.

3.    Mengobati Malaria
Biji buah mahoni juga sudah lama dikenal dapat mengobati penyakit malaria.


Biji buah mahoni juga telah di percaya dapat mengobati tekanan darah tinggi.

0 Response to "Manfaat Tanaman Mahoni Untuk Kesehatan"

Post a Comment