Cara menyembuhkan dan mengatasi rambut rontok dengan minyak kemiri

Kemiri adalah salah satu rempah – rempah yang sangat populer di Indonesia karena biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Rempah – rempah yang memiliki nama latin Aleurites Moluccana tersebut juga sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu sebagai obat herbal alami untuk kesehatan juga kecantikan. Salah satu manfaat kemiri yang paling terkenal adalah minyaknya yang diyakini dapat mengatasi berbagai masalah pada rambut.

Kandungan Kimia pada Kemiri

Kemiri mengandung zat kimia seperti folat, miristat, fitosterol, gliserida, palmitat, stearat, asam minyak, protein, vitamin B1,  asam linoleat, dan zat lemak. Kemiri juga kaya akan serat, vitamin E, serta kaya akan mineral seperti magnesium, kalium, fosfor, kalsium, selenium, zat besi dan tembaga.
Manfaat minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok
Manfaat minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Rambut

Minyak kemiri bisa didapatkan dengan cara disangrai tanpa minyak atau dengan merebusnya. Minyak kemiri memiliki manfaat yang sama seperti minyak zaitun yaitu dapat menyuburkan rambut serta mengembalikan kilau hitam alami pada rambut. Kandungan protein dan mineral besi yang terdapat dalam kemiri juga dapat membuat rambut menjadi lebih tebal, subur dan kuat sehingga kerontokan rambut dapat dihindari.

Selain itu minyak kemiri juga dapat dijadikan sebagai scrub dan lulur karena mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit. Lulur kemiri diyakini dapat memproduksi minyak pada kulit sehingga kulit menjadi lembab dan kenyal.

Berikut ini beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut beserta cara pemanfaatannya :
1.    Mengatasi Rambut Rontok
Kandungan mineral serta protein yang terdapat dalam minyak kemiri dapat menguatkan rambut mulai dari akar sampai ke ujungnya sehingga sangat baik untuk mengatasi kerontokan pada rambut.

2.    Menyuburkan Rambut
Oleskan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala secara merata. Lalu pijat dengan lembut dan diamkan semalaman. Gunakan kondisioner pada ujung rambut lalu bilas dengan shampoo pada keesokan harinya Lakukan hal tersebut secara rutin

3.    Menumbuhkan Rambut
Minyak kemiri dapat mempercepat pertumbuhan rambut sehingga sangat baik untuk mengatasi kebotakan.

4.    Menghitamkan Rambut
Minyak kemiri juga dapat mengembalikan kilau hitam alami pada rambut.

5.    Menghilangkan Ketombe
Untuk mengatasi ketombe oleskan minyak kemiri secara merata pada kulit kepala sambil di pijat – pijat dengan lembut. Minyak kemiri mampu membersihkan kulit kepala dari kotoran penyebab munculnya ketombe.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Kulit
Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan rambut minyak kemiri juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit, diantaranya adalah :

v Minyak kemiri mengandung antioksidan yang diyakini mampu menghilangkan keriput dan garis halus, menjaga keremajaan kulit, serta mengangkal radikal bebas yang merugikan.

v Minyak kemiri sudah terkenal dapat menyuburkan dan menumbuhkan semua jenis rambut yang tumbuh pada tubhu manusia, seperti alis, bulu mata, jambang, jenggot juga kumis.


v Minyak kemiri juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga wajah menjadi sehat dan tampak lebih cerah.

0 Response to "Cara menyembuhkan dan mengatasi rambut rontok dengan minyak kemiri"

Post a Comment