Manfaat Buah Talok atau Kersen : di Balik Buah Kersen terdapat Manfaat dan khasiat untuk Mengobati Diabetes


Manfaat Buah Talok atau Kersen : di Balik Buah Kersen terdapat Manfaat dan khasiat untuk Mengobati Diabetes
Buah Talok / Kersen
Sekilas saat melihat pohon talok atau kersen mungkin tidak akan ada yang menyangka bahwa pohon yang banyak tumbuh dipinggir jalan tersebut ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Buah kersen dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri akibat penyakit asam urat. Hal tersebut dikarenakan purin yang mengendap di ginjal atau persendian dapat dilarutkan oleh kandungan air yang terdapat didalam buah kersen.

Menurut hasil penelitian di dalam daun kersen terdapat kandungan senyawa kimia golongan flavonoid dan saponin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Senyawa golongan flavonoid tersebut mampu bekerja sebagai antioksidan untuk menyekresi hormon insulin yang diperlukan dalam proses metabolisme gula. Selain itu kandungan senyawa tannin, flavonoid dan saponin yang ada dalam daun kersen tersebut  diyakini mempunyai manfaat sebagai antitumor dan juga berkhasiat melindungi fungsi otot jantung.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah kersen juga tidak kalah dengan buah lainnya. Jika dibandingkan dengan buah mangga yang mengandung vitamin C 30 mg kandungan vitamin yang ada pada buah kersen ternyata lebih besar yaitu 80,5 mg. sedangkan kandungan kalsium buah kersen 124,6 mg jauh lebih besar dari kandungan kalsium buah mangga yang hanya 15 mg. Setiap 100 gram kersen mengandung air 77,8 gr, protein 0,384 gr, lemak 1,56 gr, karbohidrat 17,9 gr, serat 4,6 gr, abu 1,14 gr, kalsium 124,6 mg, fosfor 84 mg, besi 1,18 mg,karoten 0,019 gr, tianin 0,065 gr, ribofalin 0,037 gr, niacin 0,554 gr dan juga vitamin C 80,5 mg. Adapun nilai energy yang dihasilkan 380 KJ/100 gr.

Berikut ini beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan :

Antiflamasi/antiradang
Berdasarkan data hasil penelitian air rebusan daun kersen terbukti memiliki khasiat mengurangi radang atau antiflamasi, menurunkan panas dan juga bisa menjadi antiseptik.

Antitumor
Kandungan senyawa tannin, flavonoid dan saponin yang ada pada daun kersen diyakini memiliki khasiat dapat menghambat perkembangan sel kanker atau sebagai antitumor.

Obat Asam Urat
Dengan mengkonsumsi buah kersen sebanyak 9 butir 3 kali dalam sehari diyakini mampu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit asam urat. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan air yang tinggi pada buah kersen mampu melarutkan purin yang mengendap di dalam ginjal atau persendian.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah kersen banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk mencegah bibir pecah – pecah/sariawan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengobati Penyakit Kuning
Para ahli menuturkan bahwa buah kersen dapat mengobati penyakit kuning. Tidak hanya buahnya, daun dan bunganyapun juga bermanfaat membantu menyembuhkan penyakit tersebut.

Mengobati Kolesterol
Dengan meminum air rebusan daun kersen sebanyak 3 kali sehari dipercaya mampu mengobati kolesterol jahat dalam tubuh.

Obat Hipertensi
Daun buah kersen juga bisa menjadi obat hipertensi. Jemur daun buah kersen sampai kering seperti layaknya daun teh, setelah itu diseduh dan minum dua kali sehari.

Anti diabetes
Sudah sejak lama daun kersen dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula penderita diabates. Senyawa golongan flavonoid yang ada pada daun kersen mampu membantu sekresi hormon insulin yang diperlukan untuk proses metabolisme gula dalam tubuh.

Melindungi Fungsi Otot Jantung
Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan – kandungan dalam daun kersen dapat bekerja aktif dalam melindungi fungsi otot jantung. Dengan meminum air rebusan daun kersen baik untuk melindungi fungsi otot jantung serta dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh racun yang masuk ke dalam tubuh.

Melancarkan Buang Air Besar
Buah kersen mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan buang air besar.

1 Response to "Manfaat Buah Talok atau Kersen : di Balik Buah Kersen terdapat Manfaat dan khasiat untuk Mengobati Diabetes"

  1. Alhamdulillah, selain herbal yang disebutkan di artikel ini, ada jg daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Apalagi jika daun insulin (daun yakon) dikombinasi dengan herbal sambiloto dan meniran, semua dalam satu kapsul jadi kapsul yakon plus...

    untuk info jelasnya... Klik aja >>

    http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/

    Atau langsung pesan ke Ryan 0813-80-262524 (SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    ReplyDelete