Manfaat dan khasiat buah alpukat untuk kesehatan Ibu hamil

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang sangat populer dan dapat tumbuh subur di Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Persea Americana tersebut ternyata berasal dari Negara meksiko dan amerika tengah Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat akan tetapi buah alpukat juga memiliki khasiat dan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan.

Manfaat dan khasiat buah alpukat untuk kesehatan Ibu hamil
Alpukat

Kandungan Nutrisi dan gizi dalam buah alpukat

Buah alpukat memiliki bentuk dan ciri yang hampir sama dengan buah pir yaitu kulitnya lembut tetapi tidak rata dan berwarna hijau hingga kecoklatan. Sedangkan daging buah alpukat berwarna hijau dengan tekstur lembut. Kandungan nutrisi dalam buah alpukat yang melimpah membuat buah tersebut menjadi salah satu buah yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Buah Alpukat mengandung protein, riboflavin ( Vitamin B2 ), niasin ( Vitamin B3 ), kalium, vitamin C vitamin A, vitamin E, vitamin K, copper, zat besi, pphosporus, dan magnesium. Tidak hanya itu buah alpukat juga kaya akan serat dan protein seperti beta-sitosterol, lutein, serta glutathione yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu buah alpukat juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Berikut manfaat dan khasiat dari buah alpukat untuk kesehatan:
1.    Manfaat untuk ibu hamil
Buah alpukat mengandung asam folat yang dapat mencegah penyakit spina bifida yaitu keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung janin yang dikandung. Selain itu asam folat juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil agar janin terhindar dari cacat otak.

2.    Kesehatan jantung
Alpukat mengandung asam folat dan vitamin B6 yang dapat membantu mengatur kadar homocysteine penyebab penyakit jantung. Selain itu di dalam buah alpukat juga terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal, gluatathione dan vitamin E yang berkhasiat membantu menjaga kesehatan jantung.

3.    Menurunkan Kolesterol
Buah alpukat banyak mengandung senyawa beta-sitosterol yang efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4.    Mencegah Diabetes
Lemak baik tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan cara membalikkan resistensi insulin. Di dalam buah alpukat terdapat lebih banyak serat larut yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5.    Mengurangi Resiko Stroke
Sebuah penelitian membuktikan tingginya tingkat folat yang terdapat dalam alpukat mampu melindungi tubuh dari resiko terkena stroke.

6.    Mencegah Kanker
Buah alpukat mengandung asam oleat yang efektif mencegah kanker payudara dan kanker prostat.

7.    Melawan Radikal Bebas
Di dalam buah alpukat terdapat antioksidan kuat glutation yang berfungsi membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, meningkatkan system kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dan mendorong system syaraf yang sehat.

Alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga baik untuk menambah berat badan. Setiap 100 gr alpukat mengandung 200 kalori. 

9.    Kesehatan Mata
Kandungan karotenoid yang terdapat pada buah alpukat dapat melindungi terhadap penurunan penghilatan serta katarak yang disebabkan oleh penuaan.

0 Response to "Manfaat dan khasiat buah alpukat untuk kesehatan Ibu hamil"

Post a Comment