Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan : Si Kecil obat Herbal dan Tradisional Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman ciplukan mungkin hingga saat ini masih belum begitu populer di kalangan masyarakat perkotaan, namun di daerah pedesaan ciplukan sudah sangat terkenal. Selain buahnya yang manis si kecil mungil ciplukan ini juga di percaya mampu membantu mengobati segala macam penyakit.

Tanamanciplukan di duga berasal dari Amerika lalu tersebar ke berbagai kawasan di termasuk Indonesia. Tanaman tersebut dapat tumbuh dengan subur di dataran rendah dengan ketinggian 1550 meter diatas permukaan laut. Ciplukan dahulunya di anggap sebagai tanaman liar yang tidak di perhitungkan keberadaannya, namun semenjak banyak penelitian yang membuktikan kehebatannya dalam kesehatan ciplukan menjadi banyak di budidayakan untuk di konsumsi sebagai obat herbal. Besarnya manfaat kesehatan yang ada pada tanaman ciplukan membuatnya sampai di budidayakan oleh masyarakat Amerika Selatan dan di ekspor ke Negara – Negara yang ada di Benua Eropa.

Ciplukan memiliki bunga yang berwarna kuning. Buah ciplukan berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan bila masih muda, dan berwarna coklat ketika sudah tua. Buah ciplukan memiliki cangkap yang berguna sebagai kerudung penutup buah. Buah ciplukan juga bisa dikonsumsi, namun daun serta bunganyalah yang paling sering digunakan dalam pengobatan herbal. Di dalam buah ciplukan terdapat kandungan senyawa kimia fisalin dan asam sitrun. Selain itu di dalam buah ciplukan juga terdapat kandungan Alkaloid, Asam Malat, Gula, Kriptoxantin, Tanin, dan Vitamin C.

Si kecil ciplukan ini memiliki kandungan zat kimia alami yang mampu menetralkan racun juga mengaktifkan fungsi kelenjar di dalam tubuh. Steroid alami yang ditemukan dalam buah ciplukan dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu tanaman ini juga di percaya mampu mengobati banyak penyakit, seperti diabetes atau kencing manis, ayan, influenza, sakit tenggorokan, batuk, sakit paru – paru, komplikasi, reumatik, mengobati borok dan sebagai penurun tekanan darah. Bahkan banyak  penelitian yang membuktikan bahwa ciplukan mampu melawan sel kanker yang ada dalam tubuh manusia.

Dalam sebuah penelitian ekstrak ciplukan dapat mengurangi ukuran tumor kanker pada tikus yang menderita leukemia lymophocytic serta memiliki sitotoksisitas kuat pada sel-sel kanker ginjal. Diyakini bahwa bahan kimia steroid yang ada pada ciplukan mampu menghentikan siklus sel pada kanker dan merusak  DNA pada sel-sel kanker tersebut agar tidak melakukan replikasi.

Baru – baru ini penelitian di Jepang juga menemukan bahwa ciplukan memiliki tindakan tegas terhadap Polio virus 1, campak, Herpes simpleks I, dan HIV - 1. Sedangkan di Amerika Selatan dan Amerika Utara tanaman ciplukan  di manfaatkan untuk terapi komplementer dalam mengobati penyakit leukemia dan kanker, juga sebagai pengobatan berbagai macam penyakit terutama infeksi paru-paru bersama obat modern.

Cara pemanfaatan tanaman ciplukan sebagai obat herbal alami :
1.             Diabetes atau Kencing Manis : ambil satu pohon ciplukan, layukan dan setelah itu di cuci bersih. Rebus pohon ciplukan beserta akar dan daunnya dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya hanya tersisa satu gelas. Dinginkan kemudian di saring lalu minum 1 - 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

2.             Ayan : siapkan 8 – 10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak lalu di konsumsi secara rutin setiap hari.

3.             Influenza : cuci bersih satu pohon ciplukan yang sudah dilayukan terlebih dahulu. Rebus pohon ciplukan beserta akar dan daunnya dengan 3 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa satu gelas air. Setelah itu kemudian di dinginkan dan di saring. Minum 3 kali sehari setiap pagi, siang dan sore hari.

4.             Sakit tenggorokan : cuci bersih pohon ciplukan yang sebelumnya sudah dilayukan. Rebus pohon ciplukan beserta akar dan daunnya dengan 3 gelas air hingga mendidih dan sampai tersisa satu gelas air saja. Dinginkan dan saring lalu minum 1 kali sehari.

5.             Batuk : layukan 1 pohon ciplukan kemudian cuci sampai bersih. Rebuslah Rebus pohon ciplukan beserta akar dan daunnya dengan 3 gelas air hingga mendidih dan sisakan satu gelas air saja. Dinginkan dan saring lalu minum sehari sekali.

6.             Sakit paru-paru : layukan 1 pohon ciplukan kemudian cuci bersih. Rebus pohon ciplukan beserta akar dan daunnya dengan 3 gelas air sampai mendidih dan sampai tersisa satu gelas air saja. Dinginkan dan saring lalu minum 3 kali sehari pada pagi, siang dan sore hari.

7.             Komplikasi : layukan 1 pohon ciplukan kemudian cuci bersih. Rebus pohon ciplukan beserta akar dan daunnya dengan 3 gelas air sampai mendidih dan sampai tersisa satu gelas air saja. Dinginkan dan saring lalu minum 3 kali sehari pada pagi, siang dan sore hari.

8.             Reumatik : layukan 1 pohon ciplukan kemudian cuci bersih. Rebus pohon ciplukan beserta akar dan daunnya dengan 3 gelas air sampai mendidih dan sampai tersisa satu gelas air saja. Dinginkan dan saring lalu minum 3 kali sehari pada pagi, siang dan sore hari.

9.             Mengobati Borok : tumbuk satu genggam daun ciplukan bersama dengan dua sendok air kapur sirih hingga halus, setelah itu tempelkan pada bagian kulit terdapat borok.


10.         Penurun tekanan darah : cuci bersih daun ciplukan kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa satu gelas air saja, dinginkan dan  saring, minum sehari 1 kali.

0 Response to "Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan : Si Kecil obat Herbal dan Tradisional Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment