Manfaat Coklat Untuk Kesehatan : Coklat Bukan Penyebab Obesitas

Coklat merupakan buah yang sudah dikenal selama berabad – abad karena rasanya yang nikmat juga karena memiliki manfaat untuk kesehatan. Coklat mempunyai nama latin Theobroma Cacao. Biji coklat mempunyai rasa yang pahit karena mengandung alkaloid. Namun apabila coklat diolah dengan proses pengolahan tertentu coklat akan menjadi makanan atau minuman yang nikmat untuk dikonsumsi.

Di dalam biji coklat terdapat kandungan lemak 31%, protein 9%. Dan karbohidrat 14%. Coklat mengandung lemak asam oleat atau asam lemak tak jenuh yang merupakan sepertiga dari kandungan lainnya. Di dalam coklat juga terdapat kandungan protein yang kaya akan asam amino trpofan, tyrosin dan fenilalanin. Coklat juga mengandung antioksidan kuat yang disebut katekin. Selain itu coklat juga mengandung kafein, polifenol dan theobromine.

Di dalam coklat terdapat kandungan fenol yang dapat membuat usia seseorang lebih panjang. Coklat juga mempunyai kemampuan menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta dapat mencegah resiko penyakit kanker dan jantung koroner. Coklat juga bisa merangsang tubuh untuk memproduksi enzim endorphin yang berperan menciptakan perasaan senang dan bahagia

Senyawa – senyawa aktif yang terdapat di dalam coklat juga dapat bekerja sebagai antioksidan, meningkatkan HDL (kolesterol baik), sebagai anti peradangan, serta menurunkan tekanan darah dan memperbaiki fungsi pembuluh darah sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat coklat untuk kesehatan :
1. Mencegah Penyakit Jantung
Coklat mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat membantu memperlancar sistem kardiovaskular sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Coklat mengandung flavonoid dan dapat memproduksi oksida nitrat yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah serta menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

3. Menurunkan Kolesterol
Dengan mengkonsumsi coklat diyakini dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

4. Anti – depresi
Di dalam coklat juga terdapat kandungan serotonin yang merupakan anti – depresan alami.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Flavonoid yang terdapat dalam coklat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah selama 2 – 3 jam setelah di konsumsi. Flavonoid dapat meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah di otak.

6. Mengandung Antioksidan Tinggi
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan coklat mengandung flavanol sejenis flavonoid. Yaitu senyawa antioksidan yang terbentuk alamiah dalam makanan nabati yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

7. Menghambat Penuaan atau Membuat Panjang Umur
Antioksidan alami yang terdapat dalam coklat dapat menghambat garis penuaan di wajah atau kerutan premature.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata
Mengkonsumsi coklat dapat meningkatkan aliran darah yang menuju ke retina sehingga dapat memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata.

9. Mengurangi Resiko Kanker
Di dalam coklat juga terdapat kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan kanker dengan cara menonaktivkan bagian – bagian yang dapat menghasilkan sel – sel tumor.

10. Kesehatan Otak
Coklat dapat membuat syaraf – syaraf menjadi rileks serta dapat membantu system kerja otak dalam mengontrol semua organ yang ada dalam tubuh.

11. Meningkatkan Produksi Insulin Alami
Mengkonsumsi coklat dapat meningkatkan produksi insulin secara alami yang berarti juga membantu menurunkan resiko diabetes.

12. Menghaluskan Kulit
Flavanols yang terdapat dalam coklat bisa melindungi kulit dari sinar UV dan menjaganya agar tetap bersinar serta dapat menjaga kelembaban kulit. Coklat juga dapat membantu meremajakan sel – sel kulit serta mempertahankan elastisitas kulit.

Coklat kaya akan serat sama seperti buah, roti, dan gandum sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

0 Response to "Manfaat Coklat Untuk Kesehatan : Coklat Bukan Penyebab Obesitas"

Post a Comment