Manfaat dan Khasiat Tanaman Kayu Manis Sebagai Obat Diabetes

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang memiliki nama latin Cinnamomum Zeylanicum dan termasuk dalam family Lauraceae. Dalam dunia kuliner kayu manis merupakan salah satu rempah – rempah yang sangat populer. Rempah – rempah yang beraroma khas manis pedas tersebut biasa digunakan untuk campuran masakan, kue juga minuman.

Rempah-rempah kayu manis berasal dari india bagian selatan dan sri langka. Selain dapat digunakan sebagai penyedap makanan kayu manis ternyata juga bisa digunakan sebagai obat herbal alami untuk kesehatan. Konon kayu manis sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu di Mesir sehingga menjadi bumbu masakan tertua yang sudah digunakan oleh manusia. Sedangkan di Cina kayu manis sudah digunakan sebagai obat – obatan sejak 2700 SM.

Kandungan dalam Kayu Manis

Kayu manis kaya akan serat dan mineral seperti mangan, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, natrium, khrominum, celenium, dan tembaga. Kayu manis juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, pembekuan antimikroba dan anti zat sehingga dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kayu Manis Sebagai Obat Diabetes
Manfaat dan Khasiat Tanaman Kayu Manis

Di dalam kayu manis terdapat kandungan senyawa Cinnamaldehyde yang membuatnya terasa manis. Kayu manis juga mengandung vitamin A, vitamin K, riboflavin dan niacin walaupun hanya dalam jumlah yang kecil. Kandungan lain yang terdapat dalam kayu manis adalah eugenol, trans-cinnamic acid, kelompok senyawa fenol, tannin, catechin, oligomeric proanthocyanidin, limonene, alpha-terpineol, pinene, calcium monoterpenoid oxalates, resin, gula kompleks dan coumarin.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan:
1.    Mengatasi Diabetes
Kayu manis mengandung senyawa polifenol MHCP yang dapat membantu sistem kerja insulin agar bekerja lebih baik. Antioksidan yang terdapat dalam kayu manis juga mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk mengatasi diabetes.

2.    Meningkatkan Aktivitas Otak
Aroma yang dihasilkan kayu manis mampu meningkatkan kerja otak seperti dalam hal ingatan dan konsentrasi. Aroma kayu manis juga dapat menjadi tonik otak yang membantu mencegah amnesia dan meredakan ketegangan saraf.

3.    Mengurangi Radang dan Mencegah Penggumpalan Darah
Kayu manis dapat menghasilkan minyak yang mengandung asam lemak anti peradangan yang disebut Arachidonic. Minyak tersebut bermanfaat mengurangi peradangan dan mencegah penggumpalan darah.

4.    Antibakteri
Minyak alami yang terdapat dalam kayu manis memiliki sifat antibakteri dan antimikroba sehingga dapat mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri pada tubuh.

Kalsium dan serat yang terdapat dalam kayu manis dapat membantu menghilangkan garam pada tubuh, mencegah kanker usus serta dapat mengobati konstipasi atau diare.

6.    Mengatasi Nyeri
Kayu manis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan kekakuan otot dan nyeri sendi.

7.    Anti-infeksi
Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural yang efektif menghilangkan bakteri H. Pylori penyebab sakit maag dan berbagai penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri.

8.    Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Sebuah penelitian di University of Texas menyebutkan bahwa zat antioksidan yang terdapat dalam kayu manis efektif mencegah kanker serta dapat mengurangi poliferasi sel kanker.


Demikian 8Manfaat dan khasiat tanaman kayu manis sebagai obat herbal alami.

1 Response to "Manfaat dan Khasiat Tanaman Kayu Manis Sebagai Obat Diabetes"

  1. sangat bermanfaat sekali kahisat tanaman ini

    http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx

    ReplyDelete