Manfaat dan Khasiat Jahe Sebagai Obat Tradisional Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

Jahe merupakan salah satu rimpang bumbu dapur yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional. Di perkirakan jahe berasal dari daratan Cina Selatan dan telah digunakan untuk membantu mengobati masalah perut, mual, arthritis dan jantung selama lebih dari 2000 tahun.

Jahe memiliki nama latin Zingiber Officinate. Di dalam jahe terdapat kandungan beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, C, E, B kompleks, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, silicon, zat besi, dan beta karoten. Jahe juga memiliki sifat antijamur, antiinflamasi, antiseptic, serta antivirus. Selain itu jahe juga mengandung senyawa aktif bernama Gingerol dan Shogaol yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi peradangan kronis, nyeri dan migrain. Jahe juga dipercaya dapat melawan beberapa jenis sel kanker.

Berikut ini beberapa manfaat jahe untuk kesehatan :
1.    Memperbaiki Sistem Pencernaan
Menurut “Memorial Sloan – Kettering Cancer Center Online” jahe dapat merangsang air liur dan cairan pada pencernaan. Pada tahun 2008 sebuah studi yang diterbitkan dalam “European Journal of Gastroenterology dan Hepatology” juga menunjukkan bahwa jahe sangat baik untuk pencernaan dengan membantu otot – otot dari pengerutan perut serta dapat memindahkan isi perut ke dalam usus kecil.

2.    Mengurangi Peradangan
Sebuah studi yang dilakukan di “University of Michigan School” dan telah di terbitkan dalam “Jurnal Cancer Prevention Research” mengungkapkan suplemen jahe ternyata juga dapat mengurangi peradangan pada usus besar.

3.    Meredakan Nyeri
Berdasarkan hasil penelitian mengkonsumsi jahe dapat mengurangi rasa nyeri akibat osteoarthritis.

4.    Mengontrol Gula Darah
Jahe dapat meningkatkan efektivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah sehingga sangat baik untuk mengobati diabetes.

5.    Mengatasi Sakit Perut dan Kembung
Jahe memiliki sifat karminatif yang dapat digunakan untuk meredakan sakit perut serta membantu mengendurkan otot – otot gastrointestinal yang dapat mencegah gas dan perut kembung. Para pakar kesehatan juga merekomendasikan jahe untuk mengobati penyakit dyspepsia atau kolik.

6.    Menjaga Kesehatan Jantung
Jahe mengandung kalium yang tinggi sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, mengurangi resiko darah tinggi, stroke dan infeksi saluran kemih. Jahe juga dapat menurunkan kadar kolesterol serta membantu mencegah pembekuan darah yang akan mengurangi resiko penyakit jantung.

7.    Mencegah Kanker
Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan di “University of Michigan Comprehensive Cancer Center” bubuk jahe dapat menginduksi kematian sel kanker ovarium. Penelitian lain yang di lakukan di “University of Minnesota” juga menyebutkan bahwa jahe dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kolorektal yang kemudian membantu mencegah kanker usus besar.

8.    Mengurangi Nyeri Haid
Jahe memiliki sifat anti – inflamasi yang dapat menghilangkan rasa sakit saat menstruasi atau haid.

9.    Mengatasi Migrain
Jahe juga memiliki kemampuan menghentikan prostaglandin (penyebab peradangan dan rasa sakit pada pembuluh darah) sehingga dapat meringankan sakit kepala akibat migrain.

10.         Meredakan Batuk
Salah satu manfaat jahe yang terkenal adalah dapat meredakan batuk. Hal tersebut disebabkan jahe merupakan analgesic alami atau pengilang rasa sakit yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan sakit akibat iritasi pada tenggorokan sehingga dapat meredakan batuk yang disebabkan flu. Panas dari jahe juga akan membantu menghilangkan lendir dari paru – paru yang menyebabkan batuk.

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jahe juga memiliki manfaat untuk kecantikan, diantaranya adalah :

Ø Mencegah Jerawat
Jahe dapat menghilangkan kuman dan bakteri pada wajah. Dengan mencuci muka menggunakan air jahe sangat baik untuk mencegah datangnya jerawat. Selain itu wajah akan menjadi bersih dan menghalangi datangnya kuman yang menjadi penyebab utama jerawat.

Jahe mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan kulit. Dengan menggunakan jahe sebagai campuran masker akan membuat kulit menjadi halus dan semakin kencang.

Ø Menghilangkan Selulit
Di dalam jahe terdapat banyak zat yang bisa membuat lemak penyebab selulit menjadi larut. Dengan meminum air rebusan jahe secara rutin akan menghilangkan selulit.

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Jahe Sebagai Obat Tradisional Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment