Manfaat dan Khasiat Bawang Merah sebagai Obat tradisional Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah sebagai Obat tradisional Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut
Bawang Merah
Bawang merah dalam bahasa latin disebut Allium Ascalonicum L. Masyarakat Indonesia mungkin hanya mengenal bawang merah sebagai bumbu masakan tanpa mengetahui khasiat dan manfaat bawang merah untuk kesehatan. Walaupun popularitas bawang merah kalah jauh dibandingkan dengan bawang putih, akan tetapi khasiat dan manfaat bawang merah tidak bisa di pandang sebelah mata. Selain untuk kesehatan bawang merah juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan seperti merawat rambut mulai dari menyuburkan  rambut sampai menghilangkan ketombe.

Dalam sebutir bawang merah banyak terdapat kandungan vitamin C, serat, asam float , kalsium serta zat besi. Senyawa lainnya seperti minyak atsiri, sikloaliin, metialiin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon dan zat pati. Di dalam bawang merah juga terdapat kandungan zat yang dapat mengatur hormon auksin dan giberilin. Tidak hanya itu saja bawang merah juga memiliki senyawa antiseptik yang bersifat anti-mikroba dan bakterisida sehingga dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Berikut khasiat dan manfaat bawang merah untuk kesehatan :
1.    Mencegah Kanker
Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti saat ini, karena belum ada cara pengobatan yang benar-benar efektif untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini. Tapi ternyata kita dapat mencegah penyakit kanker hanya dengan mengkonsumsi bawang merah mentah, karena bawang merah mentah mengandung senyawa belerang atau sulfur yang sangat tinggi. Dalam dunia medis belerang atau sulfur dipercaya mampu untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara, dan lambung. Selain kanker memakan bawang merah mentah juga dapat membantu penyembuhan gangguan saluran kandung kemih.

2.    Mengobati Pendarahan
Sering kali tanpa kita sadari karena perubahan cuaca tiba-tiba terjadi pendarahan di hidung atau biasa dikenal dengan mimisan. Untuk mencari obat yang tepat dan mujarab selain menggunakan daun sirih maka bisa juga menggunakan bawang merah, caranya iris tipis-tipis bawang merah. Setelah itu hirup aroma bawang merah secara perlahan dan teratur.

3.    Menurunkan Kolesterol Jahat
Bawang merah berperan penting dalam menjaga keseimbangan kolesterol, kandungan sulfide metylallyl dan asam amino sulfur yang terdapat di bawang merah mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu meningkatakn kadar kolesterol baik dalam tubuh.

4.    Menyembuhkan Wasir
Sudah sejak lama bawang merah dipercara untuk mengobati wasir dan ambeien, caranya hanya cukup dengan mengkonsumsi bawang merah mentah secara bertahap.

5.    Obat Diabetes
Salah satu khasiat dan manfaat bawang merah lainnya adalah menyembuhkan diabetes. Dengan mengkonsumsi bawang merah mentah maka sama saja dengan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

6.    Menyembuhkan Sembelit
Kandungan serat yang terdapat pada bawang merah mampu membantu keluarnya toksin ataupun makanan yang sulit di cerna oleh usus.

Manfaat Bawang Merah untuk kecantikan rambut
Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi bawang merah juga berkhasiat dan bermanfaat untuk kecantikan rambut, Berikut manfaatnya :

·      Mengatasi ketombe
·      Menyembuhkan infeksi kulit kepala
·      Menumbuhkan rambut

Bawang merah banyak mengandung sulfur yang dapat memperkuat rambut serta meningkatkan sirkulasi darah. Cara memanfaatkan bawang merah untuk kecantikan rambut adalah dengan membuat jus bawang merah kemudian oleskan dan pijat-pija secara merata pada rambut.

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Bawang Merah sebagai Obat tradisional Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut"

Post a Comment