Berbagai Manfaat dan Khasiat Ketumbar Sebagai Obat Herbal Tradisional

Tanaman ketumbar memiliki nama latin Coriandrum Sativum dan termasuk klasifikasi tumbuhan Plantae juga masih tergolong dalam famili Apiaceae. Ketumbar berbentuk kecil mirip seperti lada dengan diameter 1 – 2 mm. Masyarakat Indonesia sering memanfaatkan ketumbar menjadi bumbu masakan tradisional sehingga menjadi salah satu rempah – rempah yang sangat populer. Rempah – rempah yang memiliki bau khas dan beraroma keras tersebut di duga berasal dari Eropa selatan dan laut kaspia.

Berbagai Manfaat dan Khasiat Ketumbar Sebagai Obat Herbal Tradisional
Ketumbar

Kandungan Nutrisi Ketumbar

Ketumbar memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami. Kandungan yang terdapat di dalam ketumbar antara lain adalah minyak esensial, mineral, vitamin A dan B1, kalori, protein, karbohidrat, lemak, fosfor, zat besi serta kalsium.

Di dalam ketumbar juga terdapat kandungan senyawa asam yang meliputi asam palmitat, asam karbonat, asam linoleat, asam stearat, dan asam oleat yang berfungsi untuk menurunkan serta menghambat penumpukan kadar kolesterol jahat pada vena dan pembuluh darah. Selain itu ketumbar juga mengandung vitamin K yang berpotensi membangun massa tulang dan vitamin A, vitamin C serta karoten yang berperan sebagai antioksidan.

Sebuah penelitian terbaru yang di publikasikan di “Journal of Agricultural Chemistry” menunjukkan bahwa minyak esensial ketumbar mampu membunuh beberapa jenis bakteri seperti salmonella, E. colli, dan bakteri lainnya yang kebal terhadap antibiotic. Ketumbar juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain berkhasiat untuk meredakan pusing, masuk angin, muntah – muntah, influenza, tekanan darah tinggi, radang lambung, wasir, bahkan lemah syahwat.

Beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan :
1.    Anti– diabetes
Ketumbar mengandung beberapa senyawa asam yang mampu menurunkan kadar gula dan kolesterol jahat dalam darah serta meningkatkan kolesterol baik dalam darah sehingga dapat berfungsi sebagai anti – diabetes.

2.    Melancarkan Pencernaan
Di dalam ketumbar terdapat kandungan minyak esensial yang bisa membantu gerakan peristaltic dalam perut sehingga proses pencernaan berjalan dengan baik dan lancar.

3.    Mengatasi Bengkak
Di dalam ketumbar juga terdapat zat cineole yaitu salah satu komponen asam linoleat yang mampu mengobati bengkak serta berfungsi sebagai anti – arthritis dan anti – rematik.

4.    Mengatasi Diare
Kandungan cinoel, alpha pinene, limonene dan beta phelandrene yang ada dalam ketumbar mempunyai manfaat sebagai antibakteri sehingga dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh aktivitas bakteri yang merugikan tubuh. Ketumbar juga mengandung linalool dan borneol yang dapat membantu pengikatan feses di usus serta meningkatkan fungsi hati.

5.    Melawan Racun Dalam Tubuh
Ketumbar juga dapat berfungsi sebagai detoksifikasi yang mampu mengeluarkan logam dan racun berbahaya dari dalam tubuh seperti merkuri, timah, dan aluminium.

6.    Meningkatkan Kesehatan Mata
Di dalam minyak esensial ketumbar terdapat kandungan mineral, fosfor, vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mata serta dapat mencegah degenerasi makula dan mata lelah.

7.    Mengobati Anemia
Ketumbar mengandung zat besi sehingga baik di konsumsi bagi penderita anemia.

Ketumbar dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri haid serta mampu menjaga siklus menstruasi agar tetap teratur dengan cara merangsang dan membantu sekresi hormon dari kelenjar endokrin.

0 Response to "Berbagai Manfaat dan Khasiat Ketumbar Sebagai Obat Herbal Tradisional"

Post a Comment