Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit wajah

Bawang putih adalah sejenis umbi – umbian dari tanaman yang memiliki nama latin Allium Savitum dan termasuk dari keluarga Alliaceae. Tanaman tersebut dapat tumbuh subur di daerah yang beriklim subtropis dan berasal dari Asia Tengah seperti Jepang dan Cina.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit wajah
Bawang Putih
Bawang putih mentah mengandung zat kimia bernama Alliin yang membuatnya terasa getir atau langur. Bawang putih juga mengandung beberapa senyawa sulfur yang membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas. Namun hal tersebut dapat memberikan rasa harum yang khas pada masakan sehingga bawang putih menjadi salah satu bumbu masakan yang sangat populer di Asia termasuk di Indonesia. Di dalam bawang putih juga terdapat kandungan zat Alisin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam bahan makanan yang berlemak.

Selain sebagai bumbu masakan bawang putih juga sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan juga kecantikan. Di dalam bawang putih terdapat kandungan 100 bahan kimia biologis dan memiliki berbagai sifat antibakteri, antivirus, antijamur serta antioksidan sehingga beberapa penelitian menyatakan bawang putih sebagai salah satu obat alamiah yang mempunyai manfaat luar biasa.

Bawang putih juga dapat melawan bakteri yang ada pada jerawat serta membantu mengatasi peradangan sehingga sangat baik untuk membantu menghilangkan jerawat pada wajah. Dengan mengoleskan bawang putih pada jerawat akan membuat jerawat tidak meninggalkan bekas yang terlalu parah pada kulit wajah dan cepat memudar serta kulit wajah akan terlihat normal lebih cepat. Berdasarkan tradisi perawatan Ayurveda dengan menyapukan bawang putih pada kulit dengan air hangat setiap pagi akan berfungsi sebagai pertahanan kulit dan membantu meningkatkan sinaran kulit secara alami. Dalam menjalani perawatan tersebut di anjurkan membersihkan muka dengan air dingin 5 kali sehari dan tidak memakan sembarang makanan termasuk makanan yang pedas.

Berikut ini beberapa manfaat lain bawang putih untuk kesehatan :
1.    Sebagai Anti - bakteri
Bawang putih mengandung minyak asiri yang bersifat anti – bakteri dan antiseptic. Hal tersebut diyakini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri lebih lanjut. Ketika zat bawang putih masuk pada pembuluh darah maka akan berubah menjadi senyawa sulfur yang dapat diserap lalu dibawa ke dalam darah sebagai nutrien dan obat ke seluruh tubuh.

2.    Mengobati Flu dan Batuk
Bawang putih mengandung sulfur yang dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous pada saluran pernapasan serta dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan bagian yang tersumbat. Selain itu bawang putih mentah juga terdapat kandungan Phytochemical yang diyakini mampu membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit.

3.    Menurunkan Kolesterol
Lebih dari 12 studi yang di publikasikan di seluruh dunia memastikan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol.

4.    Mencegah Kanker
Di dalam bawang putih terdapat kandungan Organosulfida yang dapat membantu organ hati dalam memproses senyawa kimia penyebab kanker dan senyawa kimia beracun lainnya.

5.    Meningkatkan Stamina
Bawang putih juga dapat menjadi sumber kekuatan fisik serta sumber stamina yang tinggi.

6.    Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Bawang putih mempunyai zat pencair darah yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

7.    Melawan Hipertensi
Bawang putih dapat membuat arteri lebih tenang sehingga dapat mencegah pengerasan dan kekejangan yang merupakan salah satu faktor hipertensi.

8.    Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Bawang putih dapat merangsang sel – sel darah putih yang kemudian akan meningkatkan fungsi antibody serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Antioksidan bawang putih juga dapat mengurangi radikal bebas dalam darah.

9.    Melancarkan Sirkulasi Darah
Bawang putih merupakan afrodisiak besar yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah serta membantu memperpanjang ereksi.

10.    Mengatur Gula Darah
Bawang putih juga dapat meningkatkan pelepasan insulin sehingga baik untuk mengatur gula darah pada penderita diabetes.

Bawang putih segar dapat mengurangi kerusakan akibat rendahnya suplai oksigen yang dapat menyebabkan serangan jantung.

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit wajah"

Post a Comment