Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Alami


Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Alami
Jeruk Nipis
Jeruk nipis adalah tanaman buah yang mudah di jumpai di Indonesia dan sudah dikenal sejak jaman dahulu karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga kecantikan. Jeruk nipis bisa digunakan sebagai bahan obat herbal alami yang mampu mengobati batuk, dahak, radang tenggorokan, amandel, masalah buang air kecil, sembelit juga membantu proses pencernaan. Kandungan asam sitrat yang terdapat dalam jeruk nipis juga diyakini mampu mencegah kambuhnya penyakit batu ginjal pasca operasi.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi jeruk nipis juga mengandung kalsium, limonen, lemon kamfer, glikosida, lemak, fosfor, besi, belerang, asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), asam sitrun, minyak atsiri, kadinen, sitral, felandren, aktilaldehid, gerani-lasetat, linali-lasetat, nildehid-damar, vitamin C dan B1. Setiap 100 gr jeruk nipis mengandung kalori 51 kal, protein 0,9 gr, lemak 0,2 gr, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg, karbohidrat 11,4 gr, mineral 0,5 gr, kalsium 33 mg, dan asam askorbat 49 mg.

Di antara beberapa manfaat jeruk nipis yang sangat banyak, salah satu manfaat jeruk nipis yang paling mujarab adalah mampu menurunkan berat badan. Dan berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan :

1.   Membantu Menurunkan Berat Badan
Jeruk nipis dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga sangat efektif untuk membantu melangsingkan badan. Hal itu dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan komponen penting yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meyerap kalsium di dalam sel – sel lemak serta membantu proses sintetis carnitin. Carnitin adalah molekul kecil didalam tubuh yang memiliki peranan penting dalam proses transportasi lemak untuk kemudian dikonversi menjadi energy sehingga dapat mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Jeruk nipis juga memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi penyerapan gula di dalam tubuh. Para peneliti menemukan bahwa jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme pada tubuh serta dapat membantu proses detoksifikasi.

2.   Melancarkan Pencernaan
Jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang dapat meningkatkan produksi empedu, asam dan cairan pencernaan. Kandungan flavonoid tersebut bisa menetralkan cairan pencernaan asam dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Di dalam jeruk nipis juga terdapat kandungan asam yang dapat membantu proses pencernaan dalam perut. Mengkonsumsi jeruk nipis juga diyakini bisa menenangkan perut saat menderita mual muntah dan diare.

3.   Mengatasi Sembelit
Di dalam air jeruk nipis terdapat kandungan serat makanan yang sangat penting sehingga dapat mencegah dan membantu mengatasi sembelit. Jeruk nipis juga dianggap sebagai buah terbaik yang dapat membantu membersihkan usus dan mengeluarkan racun dari saluran usus.

4.    Mengobati Penyakit Kuning
Kandungan gizi dalam jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi penyakit kuning dan membantu meningkatkan fungsi hati serta memiliki efek dapat meredakan demam.

5.   Mengatasi Masalah Buang Air Kecil
Jeruk nipis memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat membantu membersihkan racun dari ginjal dan kandung kemih. Minum air jeruk nipis juga sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi pada kandung kemih.

6.   Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C dalam buah jeruk nipis dapat memberikan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jeruk nipis secara rutin dapat meningkatkan fungsi jantung dan membuat sirkulasi darah meningkat sehingga tubuh menjadi sehat

7.    Mengobati Batuk
Sudah sejak lama jeruk nipis dipercaya mampu meredakan batuk. Caranya peras jeruk nipis menggunakan air hangat lalu campur dengan kecap atau madu satu sendok makan. Beri sedikit garam, aduk hingga rata kemudian disaring. Minum 2 – 3 kali sehari agar batuk cepat reda.

Air rebusan jeruk nipis yang digunakan untuk berkumur diyakini bisa mengobati penyakit amandel.


0 Response to "Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Alami"

Post a Comment