9 Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Buah apel merupakan tanaman yang tumbuh subur didaratan tinggi dan  memiliki suhu udara dingin. Buah yang dalam bahasa latin disebut malus domestica tersebut banyak dijumpai dieropa bagian utara. Sedangkan di Indonesia tanaman buah apel banyak dijumpai didaerah malang jawa timur.

9 Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh
9 Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Buah apel mengandung berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan, sehingga sebagian masyarakat Indonesia menjadikan buah apel sebagai obat herbal alami.

Kandungan Nutrisi dan gizi dalam Apel

Buah apel memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di dalam buah apel terdapat kandungan kalori, kalium, zat besi, lemak, Vitamin, mineral, quercetin, tanin, asan tartar, baron, flavoid, asam, karbohidrat, gula, serat, protein, thiemine, riboflavin, niacin, asam folat, magnesium, fosfor dan seng.

9 Manfaat dan Khasiat Buah Apel  :
1.    Pencegah Kanker
Kandungan flavonoid yang terdapat didalam buah apel bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis kanker. penyakit kanker yang dapat dicegah oleh flavonoid antara lain kanker hati, kanker usus, dan kanker paru-paru.

2.    Mencegah Dehidrasi
Buah apel dapat mencegah kekurangan cairan dalam tubuh, karena sebagian besar kandungan dalam buah apel adalah air.

3.    Penangkal Radikal Bebas
Kandungan zat kuersetin yang terdapat pada kulit apel berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan mampu melawan penuaan dini.

4.    Menurunkan kadar kolesterol
Buah apel juga mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga kesehatan jantung akan terjaga.

5.    Mengontrol diabetes
Kandungan pectin yang terdapat pada apel mampu untuk mensuplai galacturonic acid yang berfungsi untuk mengontrol hormon insulin. Hormon insulin yang tinggi dapat memicu penyakit diabetes.

6.    Melindungi tulang
Di dalam buah apel terdapat kandungan flavonoid yang disebut phloridzin yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis pada wanita menopause. Kandungan boron yang terdapat pada buah apel juga dapat memperkuat tulang.

7.    Mencegah diare dan susah buang air besar
Buah apel juga kaya akan serat sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit diare dan melancarkan buang air besar.

Didalam buah apel terdapat kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit terutama saat musim pancaroba. anti-oksidan tersebut bernama quercetin

9.    Menjaga kesehatan Mulut dan gigi
Buah apel juga dapat merangsang produski air liur dalam mulut serta dapat mencegah kerusakan gigi dan menurunkan tingkat bakteri pada mulut.

0 Response to "9 Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment