4 manfaat dan khasiat Lengkuas sebagai obat herbal alami : Hidup Sehat dan Cantik dengan Ramuan Lengkuas

Lengkuas merupakan tanaman umbi – umbian yang dapat tumbuh subur di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Lengkuas atau yang biasa disebut dengan laos memiliki nama latin Alpinia Galanga dan masih termasuk golongan rimpang. Rimpang lengkuas memiliki bentuk yang mirip dengan jahe dan juga sudah biasa digunakan sebagai rempah atau bumbu dapur.

Di dalam rimpang lengkuas terdapat beberapa senyawa yang kompleks sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk menangkal berbagai macam penyakit. Senyawa tersebut antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat dan amilum. Selain itu lengkuas juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti zat besi, sodium, vitamin A, vitamin C, antioksidan (flavonoid dan fitonutrien),beta-sitosterol, emodin, dan quercetin.

Lengkuas merupakan sumber serat yang baik untuk diserap tubuh. Lengkuas juga bisa menjadi anti – bakteri serta anti – jamur, menambah nafsu makan, mengencerkan dahak pada batuk, menghangatkan dan membersihkan tubuh (detoksifikasi), bahkan juga memiliki khasiat afrodisiak bagi yang memiliki masalah gairah seksual. Kandungan kimia dalam lengkuas yang meliputi kaempfena, eugenol dan minyak atsiri memiliki khasiat mengatasi gangguan pencernaan seperti diare, mulas berlebihan, kolik usus dan penyakit herpes.

Berikut beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan :
1.    Di dalam lengkuas terdapat kandungan senyawa asetoksi chavikol asetat, asetoksi eugenol setat, dan transkoniferil disasetat, yang berfungsi sebagai anti – tumor dengan menghambat enzim xanthin oksidase.

2.    Lengkuas juga mengandung karioferida, galangin, galangin-3-methyl eter yang berfungsi sebagai anti – radang.

3.    Lengkuas sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit arthritis dan rheumatoid arthritis karena mengandung zat anti – inflamasi.

4.    Lengkuas mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengangkal radikal bebas.

Baru – baru ini telah ditemukan manfaat lain lengkuas yaitu dapat mengobati jamur kulit. Lengkuas juga mengandung zat basoni, galangan, galangol, dan eugenol yang bersifat sebagai antijamur dan antikembung serta bermanfaat menghambat berkembangnya jamur pada kulit. Lengkuas juga bersifat panas sehingga baik untuk mengobati penyakit kulit.

0 Response to "4 manfaat dan khasiat Lengkuas sebagai obat herbal alami : Hidup Sehat dan Cantik dengan Ramuan Lengkuas"

Post a Comment