Manfaat dan khasiat daun Ketumbar untuk kesehatan

Tanaman ketumbar memiliki nama latin Coriandum Sativum dan termasuk tumbuhan plantae serta masih tergolong keluarga Apiceae. Ketumbar biasa digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan tradisional. Tidak hanya memiliki aroma yang khas namun ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu daun dari tanaman ketumbar juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan dapat digunakan sebagai obat herbal alami.

Daun ketumbar biasa disebut dengan cilantro. Daun ketumbar merupakan sumber mineral serta banyak mengandung senyawa antibakteri sehingga banyak digunakan sebagai obat – obatan di Asia Barat Daya dan Afrika Utara. Selain itu daun ketumbar juga memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dari pada bijinya.

Manfaat dan khasiat daun Ketumbar untuk kesehatan
Tanaman Ketumbar

Kandungan Kimia Daun Ketumbar

Daun ketumbar mengandung senyawa geraniol, myrcene, ocimene, skopoletin, kamfena, felandren, tranfidecen, decanal, p-simena, oktadasenat, sabinene, desilaldehida, asam petroselinat, asam d-mannite dan linalool.

Menurut beberapa penelitian di dalam daun ketumbar terdapat senyawa antibiotic dodecenal yang dua kali lebih efektif untuk digunakan sebagai gentamisin yaitu obat antibiotic yang dapat membunuh bakteri salmonella.

Daun ketumbar memiliki sifat anti jamur, antiseptic, detoksifikasi dan disinfektan yang dapat mengobati berbagai macam gangguan kulit. Di dalam daun ketumbar terdapat komponen citronelol yang bekerja sebagai antiseptic besar. Daun ketumbar juga mengandung vitamin K yang mampu melancarkan peredaran darah serta mengatur penggumpalan darah ketika terluka sehingga mampu mencegah pendarahan. Tak hanya itu saja daun ketumbar juga mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, kulit, tulang, gigi, serta mengandung vitamin B-9 yang berfungsi untuk mempertahankan susunan DNA yang normal dan sehat.

1.    Anti kolesterol
Daun ketumbar mengandung flavonoid yang dapat menghambat penyerapan lemak jenuh yang kemudian di ikat dengan senyawa flavonoid di dalam organ hati untuk dibuang langsung tanpa diserap melalui peredaran darah. Hal tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Daun ketumbar juga berfungsi sebagai penetral racun yang terdapat dalam darah sehingga dapat disebut sebagai pencuci darah alami (blood cleanser).

2.    Mengatasi Diare
Daun ketumbar mengandung senyawa cilantro dan borneol yang dapat membunuh bakteri E. colli yaitu patogen penyebab diare.

3.    Terapi Relaksasi
Daun ketumbar juga mengandung senyawa kaemfenol yang berfungsi merangsang peningkatan pembentukan senyawa dopamin dan serotonin yang dapat menimbulkan rasa senang. Hal tersebut sangat berguna untuk mengatasi masalah stress secara alami. Selain itu senyawa kaemfenol juga dapat mempercepat pembakaran glukosa menjadi energy sehingga sisa karbohidrat yang disimpan oleh tubuh tidak menumpuk dan menjadi lemak.

4.    Mencegah Kerutan Kulit
Di dalam daun ketumbar terdapat kandungan senyawa asam kafeat dan asam klorogenik yang mampu melindungi kulit dari kerutan serta menghambat radikal bebas penyebab oksidasi kulit.

5.    Mencegah Batu Ginjal
Daun ketumbar dapat berfungsi sebagai diuretic alami yang bermanfaat mengeluarkan urin lebih banyak. Sifat detoksifikasi pada daun ketumbar dapat mendetoks ginjal sehingga membantu mencegah penyakit batu ginjal.

Kandungan vitamin K yang cukup tinggi pada daun ketumbar selain sangat baik untuk kesehatan tulang ternyata juga dapat mencegah pembekuan darah.

0 Response to "Manfaat dan khasiat daun Ketumbar untuk kesehatan"

Post a Comment